Perancangan Game Edukasi Matematika Dasar Sebagai Penunjang Kegiatan Belajar (Studi Kasus : SD Unggul Sakti)

Trihatmojo, Gunawan (2017) Perancangan Game Edukasi Matematika Dasar Sebagai Penunjang Kegiatan Belajar (Studi Kasus : SD Unggul Sakti). Skripsi thesis, STIKOM DINAMIKA BANGSA JAMBI.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)

Abstract

Perkembangan game di dunia semakin pesat, tidak terkecuali di Indonesia. Game saat ini sudah menjadi alternatif hiburan bagi tua, dan muda. Game adalah Permainan yang terstruktur, yang biasanya game ini dibuat untuk menghilangkan stress atau juga bisa dibuat untuk Pendidikan agar orang yang ingin belajar tidak merasakan rasa bosan pada sesuatu yang ingin dia pelajari. Tapi nyatanya permainan digital sekarang jarang memiliki unsur-unsur edukasi yang dapat merusak pola pikir anak dan menyebabkan anak menjadi malas belajar. Kecenderungan ini membuat para orangtua menjadi jengkel dan memaksa anaknya untuk belajar. Dalam hal ini, penulis menganalisa permasalahan yang ada disertai hasil observasi secara langsung, sehingga penulis berhasil menghasilkan sebuah rancangan game edukasi matematika yang menampilkan karakter-karakter, yang saling bertarung jika pengguna dapat menjawab soal maupun salah menjawab soal yang tersedia dengan batas waktu tertentu, game ini juga menggunakan suara agar terdengar lebih menarik dan tampilan berbeda di setiap stage. Game ini dirancang sebagai media pendukung anak dalam bermain sambil belajar berhitung yang bersifat lebih menyenangkan bagi anak-anak. Dalam penelitian ini, metode pengembangan software yang digunakan adalah metode waterfall. Berdasarkan hasil pengujian, game edukasi matematika yang dirancang dapat berjalan dengan baik serta dapat memberikan giat belajar anak dalam belajar sambil bermain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Multimedia
Divisions: Skripsi > Teknik Informatika > 2017
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 05 Sep 2019 08:49
Last Modified: 05 Sep 2019 08:49
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/720

Actions (login required)

View Item View Item