Fitrie Kamalia, Bunga (2025) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI ALFAGIFT MENGGUNAKAN METODE EUCS (End User Computing Satisfaction) DI KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UNAMA.
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (386kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (740kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (325kB) |
Abstract
Pada era saat ini perkembangan teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat, hal ini dapat dilihat dari berbagai macam aktivitas manusia yang hampir tidak lepas dari teknologi informasi. Media komunikasi yang berkembang saat ini salah satunya adalah aplikasi. Suatu aplikasi yang baik tidak hanya dilihat dari kecanggihannya, namun dapat dilihat dari penerimaan dan pemahaman pengguna yang merasa puas dengan informasi yang telah diberikan. Layanan online yang disediakan Alfamart yang memungkinkan pengguna dapat membeli kebutuhan secara online adalah Alfagift yang merupakan sebuah software program digital yang menawarkan berbagai produk dengan harga murah dan berbagai macam bentuk pembayaran sehingga memudahkan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi Alfagift dan untuk mengetahui variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode EUCS (End User Computing Satisfaction) yang memiliki 5 variabel yaitu Content, Accuracy, Format, Ease Of Use, dan Timeliness. Data dikumpul dengan menyebarkan 18 butir pertanyaan untuk 385 responden melalui Google Form, kemudian data yang diperoleh diolah dengan Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan software SmartPLS 4. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa, terdapat 4 hipotesis yang memberi pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna yaitu Content, Format, Ease Of Use, dan Timeliness dengan nilai original sampel positif, nilai t-statistc >1,96 dan nilai p-value <0,05, serta 1 hipotesis yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna yaitu Accuracy. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi Alfagift sudah cukup baik namun masih ada yang perlu ditingkatkan lagi agar mencapai pada kepuasan pengguna yang menggunakan aplikasi tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Analisis Sistem Informasi |
Divisions: | Skripsi > Sistem Informasi > 2025 |
Depositing User: | Digital Library |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 07:24 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 07:24 |
URI: | http://repository.unama.ac.id/id/eprint/4538 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |