Perancangan Chatbot Sebagai Pusat Informasi Dengan Menggunakan Natural Language Processing ( Studi Kasus : Customer Service Kopi Tiam Kita )

Prowijaya, Andrew (2020) Perancangan Chatbot Sebagai Pusat Informasi Dengan Menggunakan Natural Language Processing ( Studi Kasus : Customer Service Kopi Tiam Kita ). Skripsi thesis, STIKOM DInamika Bangsa Jambi.

[img] Text
Bab 1.pdf

Download (129kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (111kB)

Abstract

Chatbot dan Natural Language Processing (NLP) adalah berdua yang tidak dapat dipisahkan tergantung konteks pemakaian. Di satu sisi, dengan chatbot saja, semua data dan informasi harus di hard-coded dalam chatbot sehingga tidak mungkin diterapkan pada sistem dengan data dari ratusan hingga ribuan. Di sisi lainnya, dengan Natural Language Processing saja, tidak akan bisa berjalan karena ia tidak memiliki platform tempat ia beroperasi. Dengan Chatbot dan Natural Language Processing, tentunya dengan sampel data pelatihan yang cukup dan memiliki code yang tepat maka, saat pengguna menginputkan kata-kata akan langsung dikenali oleh chatbot kemudian akan dibalas secara otomatis. Juga dengan penambahan code yang benar, maka chatbot ini dapat diterapkan pada platform layanan pengiriman pesan apa saja yang dalam penelitian ini menggunakan aplikasi Telegram sebagai platformnya. Lalu dikarenakan Kopi Tiam Kita yang berletak di Talang Banjar Jambi masih mengandalkan Whatsapp, Instagram serta nomor telepon sebagai penyedia informasi, maka dengan adanya chatbot sebagai pusat informasi ini, dapat membantu baik pelanggan Kopi Tiam Kita atau pun orang-orang yang masih asing akan Kopi Tiam Kita dapat bertanya kapan pun selama 24/7, dimanapun selama servernya masih berjalan, tentunya dengan menggunakan bahasa indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Aplikasi Sistem Pengolahan Data
Divisions: Skripsi > Teknik Informatika > 2020
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 07 Aug 2020 07:42
Last Modified: 07 Aug 2020 07:42
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/1300

Actions (login required)

View Item View Item