ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN STREAMING PADA WEBSITE VIDIO MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0

Permana Putra, Tegar (2024) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN STREAMING PADA WEBSITE VIDIO MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0. Skripsi thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)

Abstract

Seiring dengan berkembangnya teknologi, manusia semakin dimudahkan dalam melakukan akitivitasnya masing-masing, sehingga semakin hari mereka semakin ketergantungan dengan teknologi. Seperti menonton film yang biasanya dilakukan dengan menggunakan televisi atau pergi ke bioskop, kini dengan hanya menggunakan smartphone sudah bisa untuk menonton film. Seperti yang sudah diketahui kini smartphone sudah bisa digunakan untuk berbagai macam hal, salah satunya yaitu menonton film dengan memanfaatkan aplikasi layanan streaming. Salah satu website yang menyediakan layanan video streaming yaitu website vidio.Website vidio adalah layanan streaming terlengkap di indonesia diluncurkan pertama kali pada 15 Oktober 2014, Vidio merupakan platform OTT (Over the Top) lokal penyedia layanan streaming nomer satu di Indonesia yang dimiliki oleh PT Surya Citra Media Tbk, anak perusahaan Emtek.Vidio menawarkan semua konten hiburan di satu tempat termasuk film, siaran TV, acara olahraga, acara musik, hingga tayangan lifestyle lainnya. Permasalahan yang sering muncul pada streaming video berupa gangguan seperti video yang tertunda (Delay) dan package loss, Hal tersebut mempengaruhi penurunan performa kualitas video pada client atau user dan user juga mengalamin loading yang terlalu lama saat menggunakan website walaupun berada dalam kondisi jaringan yang stabil, selain itu terdapat iklan yang menganggu user saat sedang menonton video. Model pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode webqual 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel yang diterima oleh kepuasan pengguna. Data yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada seluruh masyarakat kota jambi sebanyak 350 sampel. Data penelitian ini diolah menggunakan software SmartPLS 4. Hasil analisis didapatkan bahwa dari 2 variabel (Information Quality dan Interaction Quality) memiliki pengaruh besar terhadap kepuasan pengguna (User Satisfaction) sedangkan (Usability Quality) tidak memberikan pengaruh besar terhadap kepuasan pengguna (User Satisfaction).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Analisis Sistem Informasi
Divisions: Skripsi > Sistem Informasi > 2024
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 04 Jun 2025 06:45
Last Modified: 04 Jun 2025 06:45
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/4284

Actions (login required)

View Item View Item