ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI SPOTIFY MENGGUNAKAN METODE E-SERVQUAL

Delfi, Delfi (2024) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI SPOTIFY MENGGUNAKAN METODE E-SERVQUAL. Skripsi thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (173kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna aplikasi Spotify menggunakan metode E- Servqual. Metode ini mengukur lima dimensi kualitas layanan: tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empati terhadap kepuasan pengguna. Spotify merupakan platform yang berfokus pada audio, misalnya lagu yang diluncurkan pada September 2008 Swedia startup Spotify AB. Berdasarkan data dari Play Store Spotify menduduki peringkat 12 dalam kategori aplikasi gratis paling populer, aplikasi Spotify telah diunduh sebanyak 1 milyar, Dibalik kesuksesan aplikasi Spotify terdapat beberapa keluhan dan masalah yang dialami oleh pengguna aplikasi Spotify seperti lagunya eror, terdapat banyak iklan, dan layanan respon yang lambat. Hal ini membuat pengguna merasa kesal dan tidak nyaman saat mendengarkan musik. Oleh karena itu aplikasi Spotify memiliki tantangan dan masalah yang perlu diatasi. Data dikuumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan menggunakan Google Form kepada responden sebanyak 385 orang yang kemudian dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi reliability, empathy secara parsial dan variabel x secara simultan memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna, sementara dimensi lainnya tidak menunjukkan pengaruh. Berdasarkan hasil penelitian tersebut penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas layanan Spotify, terutama pada dimensi reliability dan empathy karena semakin baik keandalan dan empati, maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan pengguna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Analisis Sistem Informasi
Divisions: Skripsi > Sistem Informasi > 2024
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 28 May 2025 01:22
Last Modified: 28 May 2025 01:22
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/4177

Actions (login required)

View Item View Item