ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI MYPERTAMINA DENGAN METODE DELONE & MCLEAN

Yolencia, Marcella (2024) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI MYPERTAMINA DENGAN METODE DELONE & MCLEAN. Skripsi thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (666kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)

Abstract

MyPertamina adalah aplikasi digital yang dibuat oleh Pertamina untuk menyediakan layanan pembelian produk Pertamina. Pelanggan dapat membeli beberapa produk Pertamina, termasuk BBM, secara tunai atau nontunai, melalui MyPertamina. Jika seseorang ingin membeli BBM dari MyPertamina, mereka harus terlebih dahulu memasukkannya ke akun LinkAja dan kemudian menggunakan saldo akun LinkAja untuk membayar bahan bakar yang dibeli. Beberapa masalah yang didapatkan dari hasil ulasan pengguna MyPertamina antara lain: sulit dalam melakukan registrasi, sulit dalam melakukan login, performa aplikasi yang buruk, dan sering terjadi error saat bertransaksi. Dari masalah tersebut terdapat solusi yaitu dengan mengukur kesuksesan penggunaan aplikasi MyPertamina dengan menggunakan 385 responden dengan metode skala likert dan menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Pada hasil uji penelitian metode skala likert peneliti memasukkan 6 variabel yang terdiri dari kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan, penggunaan, kepuasan pengguna, dan manfaat bersih. Teknik pengumpulan data kuantitatif yang dipakai oleh peneliti yaitu kuesioner melalui Google Form. Data penelitian diolah menggunakan software SmartPLS 4. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas informasi (Information Quality), kualitas sistem (System Quality), kualitas layanan (Service Quality), penggunan (Use), kepuasan pengguna (User Satisfaction), dan manfaat bersih (Net Benefit) berpengaruh besar terhadap pembelian BBM dengan menggunakan aplikasi MyPertamina.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Analisis Sistem Informasi
Divisions: Skripsi > Sistem Informasi > 2024
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 22 Mar 2025 06:08
Last Modified: 22 Mar 2025 06:08
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/4087

Actions (login required)

View Item View Item