Wahyuning Tyas, Pradita (2023) ANALISIS KUALITAS SISTEM DAN INFORMASI TERHADAP APLIKASI PLN MOBILE MENGGUNAKAN METODE DELONE AND MCLEAN. Skripsi thesis, UNAMA.
Text
BAB I.pdf Download (389kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (552kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (187kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (309kB) |
Abstract
PT PLN (Perusahaan Listrik Negara) Persero merupakan salah satu BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang terbesar di Indonesia. Semua Aspek kehidupan yang berhubungan dengan sumber daya listrik pasti berhubungan dengan PLN sebagai penyedia sumber daya listrik. Mengingat besarnya peranan inovasi bagi setiap organisasi publik dan swasta dalam era global membawa dampak dalam setiap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, sehingga dapat mempengaruhi meningkatnya kualitas pelayanan. Begitu pula dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN), haruslah bisa membuat inovasi baru. Untuk itu PT PLN (Persero) menciptakan sebuah aplikasi yakni PLN Mobile yang bertujuan untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap konsumen. Akan tetapi, dalam pengoperasian aplikasi PLN Mobile sendiri masih terdapat beberapa keluhan yang didapatkan, seperti masih sering trjadi kegagalan dalam melakukan registrasi, keterlambatan informasi, tidak bisa mengisi data, dan eror saat memasukkan kode referensi. Sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian pada aplikasi PLN Mobile karena aplikasi ini sangat dibutuhkan masyarakat, tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan dan kepuasan pengguna untuk mendapatkan hasil bersih terhadap kualitas sistem dan kualitas informasi pada aplikasi PLN Mobile. Model pengukuran yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Is Success Model yang dikembangkan Delone and Mclean, dan dalam penelitian ini menggunakan 7 hipotesis. Model dan hipotesis divalidasi melalui kuesioner online yang melibatkan 190 responden dari pengguna aplikasi PLN Mobile. Data diolah menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) melalui software SmartPls. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat 5 hipotesis yang memberikan pengaruh signifikan antar variabel, sedangkan 2 hipotesis tidak memberikan pengaruh yang signifikan. Peneliti menyarankan agar penelitian selanjutnya dapat melakukan analisis pada Aplikasi PLN Mobile dengan metode lain seperti metode Servqual atau TAM dan juga data diolah menggunakan metode Regresi Linear Berganda dengan Software SPSS
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Analisis Sistem Informasi |
Divisions: | Skripsi > Sistem Informasi > 2023 |
Depositing User: | Digital Library |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 11:22 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 11:22 |
URI: | http://repository.unama.ac.id/id/eprint/3107 |
Actions (login required)
View Item |