Febriyanti, Lely (2022) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN SPAREPART DAN JASA SERVICE PADA BENGKEL ELSYA MIDYA MOTOR. Skripsi thesis, UNAMA.
Text
BAB I.pdf Download (135kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (15MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (86kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (106kB) |
Abstract
Bengkel Elsya Midya Motor merupakan salah satu usaha yang bergerak dalam bidang penjualan sparepart dan jasa service sepeda motor dengan brand khusus ialah Honda. Bengkel Elsya Midya Motor ini telah ada sejak tahun 2007 dan berlokasi di Jalan Merangin RT/RW 010/003 Kec. Merlung, Kel. Merlung, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kode Pos 36554. Sampai saat ini, sistem yang berjalan pada Bengkel Elsya Midya Motor masih melakukan proses yang manual dengan gambaran berupa, proses pencatatan transaksi penjualan sparepart dan jasa service ditulis di nota penjualan sehingga sering mengakibatkan terjadinya kesalahan penulisan dari nama sparepart dan kategori jasa service beserta dengan kesalahan perhitungan untuk pembayaran yang berakibatkan dapat mengalami kerugian dari pihak pemilik ataupun customer dikarenakan proses perhitungan dilakukan dengan bantuan mesin kalkulator serta salinan nota penjualan sparepart dan jasa service tidak dilakukan pengarsipan nota secara berurutan dan juga proses pengecekkan keluar masuk sparepart tidak pernah dicatat dan dilakukan rekapan, sehingga dapat memperlambat proses reparasi maupun penjualan dikarenakan pemilik perlu mengecek ketersediaan stok barang secara satu per satu. Oleh karena itu, melalui penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk merancang sistem informasi penjualan sparepart dan jasa service menggunakan bahasa pemrograman PHP, Adobe Dreamweaver, dan Database MySQL serta metode pengembangan sistem berupa metode waterfall dan alat perancangan sistem seperti usecase diagram, activity diagram, dan class diagram. Hasil dari penelitian ini adalah sistem dapat memberikan kemudahan dalam mengelola data penjualan sparepart dan jasa service serta menampilkan laporan-laporan yang tepat dan akurat untuk meminimalisir terjadinya kesalahan serta mempercepat dan memudahkan proses bisnis yang berjalan pada Bengkel Elsya Midya Motor.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Aplikasi Sistem Pengolahan Data |
Divisions: | Skripsi > Sistem Informasi > 2022 |
Depositing User: | Digital Library |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 03:31 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 03:31 |
URI: | http://repository.unama.ac.id/id/eprint/2401 |
Actions (login required)
View Item |