ANALISIS PENGARUH KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP PORTAL SIPENMARU UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAMBI MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION DAN DELONE AND MCLEAN

Windia Arifta, Kiki (2025) ANALISIS PENGARUH KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP PORTAL SIPENMARU UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAMBI MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION DAN DELONE AND MCLEAN. Masters thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (261kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan pengguna terhadap portal Sipenmaru Universitas Muhammadiyah Jambi dengan permasalahan yang sering terjadi yaitu seperti kesulitan akses portal, overload sistem, dan ketidakakuratan informasi. Masalah-masalah ini menunjukkan perlunya evaluasi mendalam terhadap kualitas sistem, informasi, dan layanan yang disediakan. Dengan mengadopsi model End-User Computing Satisfaction (EUCS) dan DeLone and McLean. Fokus utama penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pengguna serta bagaimana kepuasan tersebut berdampak pada efektivitas penggunaan portal Sipenmaru. Model yang digunakan mencakup enam variabel utama, yaitu konten, akurasi, format, kemudahan penggunaan, ketepatan waktu, serta kepuasan pengguna yang terintegrasi dengan model keberhasilan sistem informasi DeLone and McLean. Sebagai bagian dari metodologi, kuesioner disebarkan kepada 210 responden, dan data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode PLS-SEM dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS. Faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna meliputi Accuracy, Format, Ease Of Use, Timeliness, Information Quality, Service Quality. Untuk meningkatkan kepuasan dan efektivitas penggunaan portal Sipenmaru, disarankan adanya optimalisasi sistem, peningkatan kualitas informasi, serta perbaikan layanan teknis secara berkala.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Analisis Sistem Informasi
Divisions: Tesis > Magister Sistem Informasi > 2025
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 04 Sep 2025 03:58
Last Modified: 04 Sep 2025 03:58
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/4708

Actions (login required)

View Item View Item