Indra Syaputra, Aryo (2025) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI LINK AJA DI KOTA JAMBI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DELONE AND MCLEAN. Skripsi thesis, UNAMA.
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (894kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (950kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (699kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSAKA.pdf Download (440kB) |
Abstract
LinkAja merupakan salah satu aplikasi e-wallet yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Aplikasi ini dikembangkan oleh PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) dan menawarkan layanan transaksi digital untuk mempermudah kehidupan sehari-hari, seperti pembayaran PLN, pembelian pulsa, pembayaran Indihome, dan lain sebagainya. Namun, di sisi lain, masih terdapat beberapa masalah dalam penggunaannya, seperti kegagalan transaksi, kesulitan melakukan upgrade akun ke full service, lambatnya proses penerimaan pulsa atau token listrik setelah pembayaran, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis tingkat kepuasan pengguna aplikasi Link Aja dengan memanfaatkan model Delone dan Mclean. Peneliti menggunakan empat variabel yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu tiga variabel independen dan satu variabel dependen. Berdasarkan konsep penelitian tersebut, peneliti mengembangkan tiga hipotesis sebagai pedoman dalam penelitian dengan memanfaatkan data yang diperoleh dari kuesioner yang telah dibagikan dan diisi oleh 350 responden. Data penelitian ini diolah menggunakan aplikasi SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga hipotesis yang dikembangkan dapat diterima. Dengan kata lain, terdapat pengaruh positif antara variabel independen (Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan) terhadap variabel dependen (Kepuasan Pengguna), baik secara parsial maupun simultan. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin baik kualitas sistem, informasi, dan layanan yang diberikan, maka kepuasan pengguna akan semakin meningkat. Oleh karena itu, aplikasi LinkAja perlu melakukan beberapa perbaikan untuk meningkatkan kualitas di aspek-aspek tersebut agar intensitas penggunaan semakin meningkat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Analisis Sistem Informasi |
Divisions: | Skripsi > Sistem Informasi > 2025 |
Depositing User: | Digital Library |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 07:44 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 07:44 |
URI: | http://repository.unama.ac.id/id/eprint/4620 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |