Susianti Br. Nainggolan, Yeni (2022) PERANCANGAN E-LEARNING BERBASIS WEB PADA SMA NEGERI 1 BATANG GANSAL PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, UNAMA.
Text
BAB I.pdf Download (398kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (191kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (314kB) |
Abstract
SMA Negeri 1 Batang Gansal merupakan salah satu lembaga pendidikan tingkat menengah atas yang berada di Desa Sungai Akar, Batang Gansal, Provinsi Riau. SMA Negeri 1 Batang Gansal memiliki beberapa komputer yang digunakan untuk mengelola data sekolah dan juga digunakan siswa untuk ujian praktek. Saat ini proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Batang Gansal dilakukan secara tatap muka. Kendala dalam proses belajar mengajar seperti ini adalah ketika seorang guru yang bersangkutan berhalangan hadir maka proses belajar mengajar tidak terlaksana. Tujuan penelitian ini adalah Merancang sistem E-Learning berbasis web yang berguna sebagai salah satu sarana pendukung kegiatan belajar mengajar. Permasalahan pada proses belajar mengajar di SMA N 1 Batang Gansal terjadi saat guru berhalangan hadir mengajar, hal ini mengakibatkan waktu kegiatan belajar menjadi berkurang, maka informasi tentang materi pelajaran yang disampaikan kurang maksimal dan juga keterbatasan waktu yang disediakan menyebabkan kurangnya pemahaman siswa dalam menyerap materi yang diberikan oleh guru yang mana dalam proses pembelajaran, siswa hanya mengandalkan materi yang dijelaskan guru dikelas. Keberhasilan siswa dalam menerima dan menerapkan pengetahuan tidak dapat lepas dari peranan pengajar dalam mengelola interaksi belajar–mengajar. Aktivitas belajar, baik secara individu maupun kelompok adalah tanggung jawab siswa. Namun memberi motivasi untuk belajar dan memberikan pengajaran merupakan tanggung jawab pengajar. Pada SMA N 1 Batang Gansal saat ini hanya memiliki pola dalam proses belajar – mengajar yang masih dilakukan secara konvensional. Manfaat dari penelitian ini adalah Bagi Siswa, dapat mempermudah dalam hal pengaksesan materi bahan ajar serta bisa mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh gurunya pada saat berhalangan hadir di kelas, Bagi Guru, penelitian ini memberikan solusi alternatif agar dapat menyampaikan materi dengan maksimal meski berhalangan hadir di kelas, Diharapkan dapat memudahkan guru untuk memeriksa hasil ujian yang dilakukan siswa, Dengan sarana pembelajaran jarak jauh diharapkan masalah ruang dan waktu bukan lagi penghalang proses belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Multimedia |
Divisions: | Skripsi > Teknik Informatika > 2022 |
Depositing User: | Digital Library |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 06:13 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 06:13 |
URI: | http://repository.unama.ac.id/id/eprint/2583 |
Actions (login required)
View Item |