ANALISIS KUALITAS LAYANAN BERDASARKAN KEPUASAN PENGGUNA GRABFOOD DIKOTA JAMBI MENGGUNAKAN METODE DELONE DAN MCLEAN

Dinniyah Salsabila, Ghina (2022) ANALISIS KUALITAS LAYANAN BERDASARKAN KEPUASAN PENGGUNA GRABFOOD DIKOTA JAMBI MENGGUNAKAN METODE DELONE DAN MCLEAN. Skripsi thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (504kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)

Abstract

GrabFood adalah layanan pesan antar makanan yang memberikan kemudahan dalam proses pengiriman makanan serta telah berkerjasama dengan berbagai restoran. Dalam hal ini kualitas pelayanan yang diberikan kurir terhadap pelanggan akan menentukan tingkat kepuasan pelanggannya, dimana setelah pelanggan menerima pesanan para pelanggan akan memberi bintang kepada para kurir di dalam aplikasi yang berarti pendapat antara puas atau tidak puas terhadap kualitas pelayanan yang telah diberikan kurir tersebut kepada pelanggan. Namun permasalahan yang ditemukan Pada layanan GrabFood terdapat masalah pada server seperti tidak bisa mengklik makanan dan aplikasi menjadi error tidak berjalan, voucher yang tersedia tidak dapat digunakan. Dan terdapat pula masalah pada pelayanan dari driver seperti pesanan pengguna yang kerap kali di cancel. Berdasarkan permasalahan yang telah dijabarkan, maka dalam penelitian ini dilakukan analisis kualitas layanan pada layanan GrabFood khusus pengguna kota Jambi dengan menggunakan model DeLone dan McLean dengan variabel system quality (kualitas sistem), information quality (kualitas informasi), service quality (kualitas layanan), use (penggunaan), user satisfaction (kepuasan pengguna) dan net benefit (manfaat bersih). Pengambilan data menggunakan kuesioner dan jumlah data yang didapat sebanyak 100 responden. Analisis data diolah dengan menggunakan software SmartPLS. berdasarkan hasil analisis melalui uji hipotesis diketahui bahwa ada empat variabel yang berpengaruh positif signifikan yaitu variabel Kualitas Layanan (Service Quality) -> Penggunaan (Use), Kualitas Sistem (System Quality) -> Kepuasan Pengguna (User Satisfaction), Penggunaan (Use) -> Kepuasan Pengguna (User Satisfaction), Kepuasan Pengguna (User Satisfaction) -> Manfaat Bersih (Net Benefit). Dari hasil tersebut bisa disimpulkan bahwa pengguna yang cukup puas dengan kualitas layanan aplikasi GrabFood, diharapkan agar penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pihak GrabFood untuk bisa lebih meningkatkan lagi kualitas layanan karena sangat berpengaruh terhadap kepuasan pengguna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Analisis Sistem Informasi
Divisions: Skripsi > Sistem Informasi > 2022
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:00
Last Modified: 11 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/2510

Actions (login required)

View Item View Item