ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI MOBILE OVO DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DELONE DAN MCLEAN

Valensia, Feren (2021) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI MOBILE OVO DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DELONE DAN MCLEAN. Skripsi thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (121kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)

Abstract

OVO merupakan salah satu aplikasi e-wallet yang banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Aplikasi ini dikembangkan oleh PT. Visionet Internasional dan merupakan besutan dari Grup Lippo yaitu LippoX. Aplikasi OVO ini dapat membantu hampir seluruh kegiatan transaksi yang dibutuhkan pengguna dalam kehidupan sehari-harinya sehingga lebih mudah dan efisien seperti pembayaran PLN, pembelian pulsa, pembayaran indihome, dan lain sebagainya. Akan tetapi, disisi lain masih terdapat beberapa kesalahan pada penggunaannya. Seperti kegagalan dalam transaksi, sulitnya melakukan upgrade OVO, lamanya proses penerimaan pulsa dan token listrik yang telah dilakukan pembayaran, dan lain sebagainya. Dari masalah inilah, peneliti melakukan penelitian untuk dapat mengetahui kesuksesan sistem informasi OVO ini dengan memanfaatkan model DeLone dan McLean. Peneliti menggunakan 4 variabel yang dibagi menjadi 2 bagian yaitu 3 variabel independen dan 1 variabel dependen. Berdasarkan konsep penelitian tersebut, peneliti mengembangkan 4 buah hipotesis sebagai pedoman dalam penelitian dengan memanfaatkan data yang didapatkan dari kuesioner yang telah dibagikan dan diisi oleh 272 responden. Data penelitian ini diolah dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa keempat hipotesis yang dikembangkan dapat diterima atau dengan kata lain, terdapat pengaruh positif antara variabel independen (kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan) terhadap variabel dependen (kepuasan pengguna) baik secara parsial maupun simultan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Multimedia
Divisions: Skripsi > Sistem Informasi > 2021
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 18 Jul 2023 11:02
Last Modified: 18 Jul 2023 11:02
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/2183

Actions (login required)

View Item View Item