ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS ANDROID PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA JAMBI

Juarsyah, Ishak (2020) ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS ANDROID PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA JAMBI. Masters thesis, UNAMA.

[img] Text
Bab 1.pdf

Download (116kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (193kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (9kB)

Abstract

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Jambi dituntut untuk mengikuti era globalisasi untuk terus berinovasi dalam melakukan pelayanan informasi publik terhadap masyarakat. Dalam proses mewujudkan kesejahteraan untuk masyarakat pemerintah Kota Jambi merealisasikan Konsep Smart City dalam bentuk pengaduan masyarakat. Kerangka kerja penelitian ini terdiri dari identifikasi masalah, studi literatur, pengumpulan data, analisa dan perancangan, perancangan prototype, dan pembuatan laporan. Metode pengembangan sistem penulis melakukan rancangan Diagram Konteks, Diagram Level Nol (Zero), Diagram Level 1 Proses 1.0 dan prototype. Dengan adanya sistem Pengaduan Masyarakat di harapkan dapat menyembatani antara masyarakat untuk mengirimkan pengaduan kepada OPD. Dengan adanya sistem layanan pengaduan masyarakat, OPD dapat mengontrol keluhan dan aspirasi secara langsung. Penelitian ini menghasilkan sebuah Prototype Rancangan Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Android pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Jambi. Penelitian ini merupakan sebuah contoh dari Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Android pada Dinas Komunikasi dan Informaika Kota Jambi sehingga apabila akan digunakan oleh organisasi lain maka perlu disesuaikan dengan kebutuhan organisasi yang bersangkutan. Perlunya dilakukan penyesuaian aplikasi terhadap permasalahan yang sebenarnya ditemui. Perlunya notifikasi untuk pelapor agar pelapor mengetahui status laporannya secara real time apakah sudah di tindak lanjuti. Perlunya fitur yang memfasilitasi antara admin atau penanggung jawab proses pengaduan masyarakat dengan petugas lapangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Analisis Sistem Informasi
Divisions: Tesis > Magister Sistem Informasi > 2020
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 28 Jan 2022 06:47
Last Modified: 28 Jan 2022 06:47
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/1671

Actions (login required)

View Item View Item