Analisis Pengaruh Kepercayaan Terhadap Minat Pengguna Aplikasi LinkAja Dengan Metode Theory of Reasoned Action (TRA)

Sania, Almar Atu (2020) Analisis Pengaruh Kepercayaan Terhadap Minat Pengguna Aplikasi LinkAja Dengan Metode Theory of Reasoned Action (TRA). Skripsi thesis, Universitas Dinamika Bangsa.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)

Abstract

LinkAja merupakan sebuah aplikasi yang menghadirkan layanan transaksi keuangan dan pembayaran secara online di Indonesia. Kehadiran LinkAja menjadi sebuah inovasi sistem pembayaran yang membuat konsumen tidak perlu lagi repot menyediakan uang tunai sehingga memberikan kemudahan dan kecepatan dalam melakukan transaksi pembayaran. Namun tidak sedikit konsumen yang masih memilih metode pembayaran tunai dengan berbagai alasan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis kepercayaan terhadap minat pengguna pada aplikasi LinkAJa. Model pengukuran yang akan digunakan dalam penelitian adalah Theory of Reasoned Action. Model yang dikembangkan dalam penelitian memiliki empat buah hipotesis. Model dan hipotesis divalidasi melalui kuesioner online yang melibatkan 100 responden dari pengguna aplikasi LinkAja yang berada di Kota Jambi. Data penelitian diolah menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) melalui software SmartPLS versi 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode TRA yang digunakan dalam penelitian, semuanya memberikan pengaruh positif dan signifikan antar variabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi LinkAja dapat diterima oleh pengguna. Dan minat pengguna untuk menggunakan aplikasi LinkAja dipengaruhi oleh dua dimensi utama dalam TRA yaitu sikap terhadap perilaku berpengaruh positif (0,231) dan signifikan (0,009) dan norma subjektif juga berpengaruh secara positif (0,665) dan signifikan (0,000). Sehingga kedua variabel terbukti memerikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat menggunakan LinkAja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Analisis Sistem Informasi
Divisions: Skripsi > Sistem Informasi > 2020
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 14 Aug 2020 02:24
Last Modified: 14 Aug 2020 02:24
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/1392

Actions (login required)

View Item View Item