ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI MYBCA MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) DAN DELONE & MCLEAN

Nurhaliza, Ikrima (2025) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI MYBCA MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) DAN DELONE & MCLEAN. Masters thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (133kB)

Abstract

MyBCA merupakan aplikasi mobile banking yang dikembangkan oleh Bank Central Asia (BCA) untuk memudahkan nasabah mengakses berbagai layanan perbankan melalui satu akun BCA ID. Aplikasi ini menyediakan fitur akses multi-rekening, transaksi finansial lengkap, keamanan berlapis, serta integrasi berbagai produk dan layanan BCA. Meski memiliki keunggulan, sejumlah pengguna masih mengalami kendala seperti proses pendaftaran yang rumit dan kegagalan verifikasi wajah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna MyBCA dan mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhinya dengan menggunakan kombinasi metode End User Computing Satisfaction (EUCS) untuk mengukur kepuasan berdasarkan lima dimensi: content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness dan model DeLone & McLean untuk mengevaluasi system quality, information quality, service quality. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner daring kepada 384 responden nasabah BCA di Kota Jambi. Analisis data meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, serta regresi linier berganda dengan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan seluruh variabel berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,984. Secara parsial, variabel content, format, ease of use, accuracy quality, dan service quality memiliki pengaruh sangat signifikan, sedangkan accuracy dan system quality berpengaruh signifikan, serta timeliness tidak berpengaruh signifikan. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembang MyBCA untuk memprioritaskan peningkatan kualitas layanan, konten, dan tampilan antarmuka guna meningkatkan pengalaman dan kepuasan pengguna.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Analisis Sistem Informasi
Divisions: Tesis > Magister Sistem Informasi > 2025
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 11 Nov 2025 08:23
Last Modified: 11 Nov 2025 08:23
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/5312

Actions (login required)

View Item View Item