Pricilla, Firly (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH PT. BPR ARTHA PRIMA PERSADA. Skripsi thesis, UNAMA.
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (369kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (980kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (429kB) |
Abstract
Perkembangan pesat Bank Perekonomian Rakyat (BPR) di Indonesia memicu persaingan ketat di sektor perbankan. Setiap BPR dituntut untuk mampu menghadapi persaingan ini, salah satunya BPR Artha Prima Persada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas pelayanan dan relationship marketing terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah di BPR Artha Prima Persada. Penelitian menggunakan sampel sebanyak 200 orang dengan teknik simple random sampling. Proses analisis data menggunakan teknik analisis SEM dengan Aplikasi AMOS Versi 23. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan dan relationship marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, dan kepuasan nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Kualitas pelayanan dan relationship marketing menunjukkan pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah secara langsung, tetapi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah. BPR Artha Prima Persada disarankan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan relationship marketing, serta mempertimbangkan faktor lain yang dapat mempengaruhi loyalitas nasabah seperti kualitas produk.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Analisis Sistem Informasi |
Divisions: | Skripsi > Manajemen > 2025 |
Depositing User: | Digital Library |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 07:31 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 07:31 |
URI: | http://repository.unama.ac.id/id/eprint/4649 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |