ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA PADA LAYANAN APLIKASI ALLO BANK MANGGUNAKAN METODE E-SERVQUAL

Ulandari, Nela (2025) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA PADA LAYANAN APLIKASI ALLO BANK MANGGUNAKAN METODE E-SERVQUAL. Skripsi thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (659kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)

Abstract

Aplikasi Allo Bank adalah platform perbankan digital yang menyediakan berbagai produk, termasuk layanan simpanan, kredit digital, serta berbagai transaksi pembayaran dan pembelian, seperti pembayaran tagihan dan pembelian pulsa. Permasalahan pada aplikasi ini yaitu seringnya terjadi error, keterbatasan fitur yang dianggap kurang memadai, lambatnya kinerja aplikasi, serta kekhawatiran mengenai keamanan yang dianggap belum optimal. Hal tersebut membuat penulis perlu malakukan analisis untuk mengetahui kepuasan pengguna pada layanan aplikasi tersebut. Tujuan penelitian ini berfokus pada metode e-ServQual yang terdiri dari lima variabel bebas (independen) yaitu Efficiensy, System Availability, Privacy, Responsiveness, dan Contact serta satu variabel terikat (dependen) yaitu Kepuasan Pengguna (User Satisfaction). Data dikumpulkan menggunakan menyebarkan kusioner dan mendapatkan sebanyak 271 orang yang merupakan pengguna dari aplikasi Allo Bank. Pengelolaan data penelitian ini menggunakan SmartPLS (Smart Partial Least Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pengguna dengan aplikasi Allo Bank dipengaruhi secara signifikan oleh varibal. Indikator-indikator yang berkontribusi terhadap kepuasan pengguna mencakup Efficiency, System Availability, Privacy, Responsiveness, Contact, dan User Satisfaction. Secara keseluruhan, pengguna merasa puas terhadap aplikasi Allo Bank. Namun, nilai rendah pada aspek System Availability menunjukkan adanya kebutuhan untuk perbaikan oleh pihak pengembang guna meningkatkan pengalaman pengguna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Analisis Sistem Informasi
Divisions: Skripsi > Sistem Informasi > 2025
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 09 Aug 2025 07:16
Last Modified: 09 Aug 2025 07:16
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/4605

Actions (login required)

View Item View Item