Dwi Ilham. R, Habil (2025) ANALISIS PERILAKU PENGGUNA APLIKASI SIMAYANG MENGGUNAKAN METODE THEORY OF PLANNED BEHAVIOR. Skripsi thesis, UNAMA.
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (58kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (614kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
Abstract
Aplikasi SIMAYANG merupakan aplikasi layanan publik yang dikembangkan oleh Pemerintah Kota Jambi untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan terkait air bersih. Namun, berdasarkan ulasan pengguna di Google PlayStore, terdapat beberapa keluhan mengenai respon pengaduan yang lambat dan kendala dalam proses pendaftaran, yang dapat mempengaruhi perilaku pengguna dalam memanfaatkan aplikasi ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku pengguna aplikasi SIMAYANG menggunakan metode Theory of Planned Behavior (TPB), yang terdiri dari lima variabel utama: attitude toward behavior, subjective norm, perceived behavioral control, behavioral intention, dan behavior. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Structural Equation Model (SEM) untuk menganalisis data yang diperoleh melalui kuesioner dari 385 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel perceived behavioral control memiliki pengaruh paling dominan terhadap minat penggunaan aplikasi, sedangkan attitude toward behavior tidak berpengaruh signifikan terhadap behavioral intention. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar pengembang aplikasi SIMAYANG meningkatkan aspek layanan pengguna, terutama dalam meningkatkan respon pengaduan dan memperbaiki sistem pendaftaran. Selain itu, penelitian ini juga memberikan rekomendasi bagi penelitian selanjutnya untuk menggunakan metode atau variabel lain yang dapat memberikan analisis lebih komprehensif mengenai kepuasan dan perilaku pengguna aplikasi layanan publik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Analisis Sistem Informasi |
Divisions: | Skripsi > Sistem Informasi > 2025 |
Depositing User: | Digital Library |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 07:51 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 07:51 |
URI: | http://repository.unama.ac.id/id/eprint/4568 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |