Jayanto, Anthony (2024) ANALISIS DAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI LAYANAN ANTRIAN DIGITAL PADA UPT PUSKESMAS DURIAN LUNCUK. Masters thesis, UNAMA.
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (373kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (188kB) |
Abstract
Sistem informasi layanan antrian merupakan komponen penting dalam manajemen pelayanan kesehatan yang berkontribusi pada efisiensi dan kualitas pelayanan di Puskesmas. Dalam era digitalisasi, peningkatan efisiensi dan kenyamanan pelayanan antrian menjadi semakin penting. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem antrian yang ada pada Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Puskesmas Durian Luncuk serta mengembangkan sistem informasi layanan antrian digital yang lebih efisien dan memudahkan pasien. Penelitian ini menggunakan pendekatan identifikasi masalah, studi literatur, observasi, wawancara dan analis dokumen data primer dan data sekunder. Pada sistem layanan antrian berjalan berfungsi hanya sebagai alat bantu antrian pasien, sehingga dengan sistem manual tersebut banyak kendala dalam menghasilkan informasi interaktif untuk pasien, pihak pengelola, dan pihak manajemen. Berdasarkan temuan tersebut, peneliti mengembangkan Sistem Informasi Layanan Antrian Digital pada UPT Puskesmas Durian yang menggunakan model antrian FIFO (First In First Out) dan model server tunggal (M/M/1). Metode pengembangan sistem ini menggunakan model waterfall. Sistem ini dirancang menggunakan pemodelan UML (Unified Modelling Language). Pada tahap pengembangan penulis menggunakan python language dan MySQL Server. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam meningkatkan manajemen pelayanan kesehatan dan memperkuat penerapan teknologi informasi dalam sektor kesehatan. Penggunaan Sistem Informasi Layanan Antrian Digital dapat dijadikan sebagai model untuk Puskesmas lain dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan antrian dan efisiensi operasional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Analisis Sistem Informasi |
Divisions: | Tesis > Magister Sistem Informasi > 2024 |
Depositing User: | Digital Library |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 07:21 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 07:21 |
URI: | http://repository.unama.ac.id/id/eprint/4452 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |