Evaluasi User Experience Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Prima Aktif Tinja Masyarakat (SIPRAKTIS) Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ)

Maharani Helmi, Krismia (2024) Evaluasi User Experience Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Prima Aktif Tinja Masyarakat (SIPRAKTIS) Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ). Skripsi thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)

Abstract

Pada era modern saat ini, kehidupan masyarakat tidak dapat lepas dari teknologi dan informasi. Dengan menerapkan teknologi dan informasi dapat membantu individu maupun organisasi. Contoh penerapan serta pemanfaatan teknologi dan informasi dalam bidang pemerintahan, yaitu adanya berbagai macam sistem informasi pelayanan masyarakat yang disediakan oleh masing-masing instansi pemerintahan. Salah satu unit pelaksana instansi pemerintahan yang menyediakan layanan data dan informasi untuk masyarakat adalah Unit Pelaksana Teknis Daerah Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (UPTD SPALD) Dinas PUPR Kota Jambi. Adapun analisis data yang digunakan untuk mengevaluasi pengalaman pengguna yaitu User Experience Questionnaire (UEQ). Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode pengamatan (observasi) dan metode kuesioner yang dilaksanakan secara online melalui google form dan melakukan penyebaran kepada seluruh pengguna aplikasi SIPRAKTIS. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 301 orang yang didapatkan berdasarkan jumlah pengguna aplikasi SIPRAKTIS. Sampel yang dihitung menggunakan rumus Krejcie dan Morgan yang menghasilkan 170 orang. Hasil penelitian ini adalah Hasil akhir (Result) skala UEQ menghasilkan nilai Daya Tarik (0,25), nilai Kejelasan (0,26), nilai Efisiensi (0,26), niai Ketepatan (0,44), nilai Stimulasi (0,22), dan nilai Kebaruan (0,58). Dapat disimpulkan bahwa hasil pengukuran dari skala Kebaruan, Ketepatan, dan Efisiensi sudah mencapai nilai Positif. Sedangkan pada skala Kejelasan, Daya Tarik, dan Stimulasi berada pada penilaian Netral.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Analisis Sistem Informasi
Divisions: Skripsi > Teknik Informatika > 2024
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 20 Jan 2025 06:59
Last Modified: 20 Jan 2025 06:59
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/3996

Actions (login required)

View Item View Item