PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY (AR) JENIS-JENIS VIRUS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : SMAN 6 KOTA JAMBI)

Apriansyah, Agus (2024) PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY (AR) JENIS-JENIS VIRUS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : SMAN 6 KOTA JAMBI). Skripsi thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)

Abstract

Teknologi informasi di bidang pendidikan saat ini berkembang sangat pesat, salah satunya adalah teknologi Augmented Reality (AR) yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran multimedia termasuk media pembelajaran tentang pengenalan ragam virus. Virus adalah mikroorganisme patogen yang menginfeksi sel makhluk hidup. Virus hanya dapat bereplikasi di dalam sel makhluk hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan seluler untuk bereproduksi sendiri. Kelas 10 Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Kota Jambi, siswa/i mempelajari tentang virus pada pelajaran BIOLOGI pada materi virus, saat ini telah menggunakan alat peraga dalam proses belajarnya, dan dari sebagian alat peraga itu tersedia bagi materi anatomi tubuh dan lainnya, namun dalam proses pembelajaran materi lainya hanya melalui buku cetak, belum adanya media pembelajaran terbaru yang dapat menampilkan bentuk virus secara detail, dari permasalahan tersebut penulis memutuskan untuk melakukan penelitian dengan merancang dan menghasilkan aplikasi Augmented reality yang memudahkan siswa/i mengetahui ragam bentuk virus yang dipelajari dengan objek 3D, dilanjutkan membuat kerangka kerja dengan merumuskan masalah, menentukan tujuan, mengumpulkan data, menganalisis data, setelah itu dilakukanlah pengembangan sistem, metode pengembangan sistem yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model pengembangan Waterfall. Penelitian ini diharapkan dapat mempermudah siswa/i dalam mempelajari dan mengenali bentuk dari berbagai macam bentuk virus dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Aplikasi Sistem Pengolahan Data
Divisions: Skripsi > Teknik Informatika > 2024
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 10 Oct 2024 03:50
Last Modified: 17 Oct 2024 09:44
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/3924

Actions (login required)

View Item View Item