PENERAPAN DATA MINING UNTUK MEMPREDIKSI MASA STUDI MAHASISWA UNAMA JAMBI MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA C4.5 DAN NAÏVE BAYES

Nurhaliza, Tiko (2024) PENERAPAN DATA MINING UNTUK MEMPREDIKSI MASA STUDI MAHASISWA UNAMA JAMBI MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA C4.5 DAN NAÏVE BAYES. Skripsi thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)

Abstract

Setiap tahunnya jumlah data mahasiswa pada Universitas Dinamika Bangsa Jambi selalu bertambah dan tidak ada tindak lanjut manfaat dari data-data tersebut. Oleh karena itu, penulis melakukan analisis data mining pada data mahasiswa tersebut agar dapat dimanfaatkan oleh pembimbing akademik untuk mengetahui status kelulusan mahasiswa maupun sebagai peringatan agar mahasiswa bisa lulus dengan tepat waktu sehingga dapat menekan angka keterlambatan kelulusan. Penulis menggunakan data mahasiswa angkatan 2018 dan 2019 sebanyak 500 data serta telah dilakukan proses cleaning data. Dalam melakukan analisis penulis menggunakan alat bantu Tools WEKA. Dalam hal ini penulis menggunakan 4 option test, yaitu Use Training Set, 5 Fold Cross-Validation, 10 Folds Cross-Validation, dan 70% Percentage Split. Metode Algoritma C4.5 menghasilkan nilai akurasi tertinggi yaitu sebesar 86,86%. Sedangkan metode Algoritma Naïve Bayes menghasilkan nilai akurasi tertinggi yaitu sebesar 85,14%. Atribut Nilai D+ merupakan atribut yang paling berpengaruh berdasarkan seleksi atribut menggunakan classifier attribute evaluation (ClassifierAtributeEval).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Analisis Sistem Informasi
Divisions: Skripsi > Teknik Informatika > 2024
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 26 Sep 2024 11:49
Last Modified: 26 Sep 2024 11:49
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/3699

Actions (login required)

View Item View Item