PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PENGENALAN BUAH-BUAHAN DAN SAYUR-SAYURAN UNTUK ANAK-ANAK USIA DINI

Arnas, Denny Tian (2018) PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PENGENALAN BUAH-BUAHAN DAN SAYUR-SAYURAN UNTUK ANAK-ANAK USIA DINI. Skripsi thesis, STIKOM Dinamika Bangsa Jambi.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB)

Abstract

Buah-buahan dan sayur-sayuran merupakan jenis tumbuh-tumbuhan yang menarik bagi anak–anak. karena buah-buahan dan sayur-sayuran merupakan jenis tumbuh-tumbuhan yang kaya kandungan gizi diantaranya ada vitamin, mineral, protein, zat besi dan masih banyak lagi kandungan gizi lainnya yang terdapat di buah-buahan dan sayur-sayuran. Namun anak-anak usia dini yang kisaran umurnya 3 sampai 5 tahun pada saat mempelajari buah-buahan dan sayur-sayuran masih menggunakan sebuah buku ataupun alat peraga, yang dimana bentuk dari buah-buahan dan sayur-sayuran masih dalam bentuk gambar dan teks saja. Maka dari itu penulis ingin membuat sebuah aplikasi yang dapat membantu anak-anak untuk bisa belajar pengenalan buah-buahan dan sayur-sayuran dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality. Tujuan penelitian ini untuk dapat membuat sebuah objek buah-buahan dan sayur-sayuran tersebut menjadi 3D yang dimana nantinya anak-anak usia dini yang kisaran umurnya 3 sampai 5 tahun ini dapat lebih giat dan semangat dalam mempelajari buah-buahan dan sayur-sayuran. Metode pengembangan yang digunakan didalam penelitian ini yaitu metode pengembangan sistem Waterfall. Aplikasi ini dibuat atau dirancang untuk bisa menampilkan sebuah objek 3D buah-buahan dan sayur-sayuran beserta keterangan kandungan gizi dan manfaatnya dengan menggunakan marker, yang dimana kamera smartphone akan menscan marker dan akan memunculkan objek 3D beserta keterangan kandungan gizi dan manfaat pada layar smartphone. Diharapkan untuk penerapan teknologi Augmented Reality dalam pengenalan buah-buahan dan sayur-sayuran dapat membantu anak-anak usia dini yang kisaran umurnya 3 sampai 5 tahun mengetahui kandungan gizi dan manfaat yang ada di buah-buahan dan sayur-sayuran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Multimedia
Divisions: Skripsi > Teknik Informatika > 2018
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 29 Aug 2019 01:45
Last Modified: 29 Aug 2019 01:45
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/635

Actions (login required)

View Item View Item