PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN GAME 3D MENGGUNAKAN UNITY: STUDI KASUS PADA GAME “FARMER'S JOURNEY” SEBAGAI GAME ARTIST

Ihsan Botsunkar, Muhammad (2025) PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN GAME 3D MENGGUNAKAN UNITY: STUDI KASUS PADA GAME “FARMER'S JOURNEY” SEBAGAI GAME ARTIST. Skripsi thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (948kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (599kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)

Abstract

Tugas akhir ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan game 3D berjudul Farmer’s Journey menggunakan Unity, dengan fokus pada peran Game Artist dalam pembuatan aset visual dan desain lingkungan. Proyek ini dikembangkan sebagai bagian dari Program Studi Independen di Infinite Learning, yang memberikan pengalaman langsung dalam proses pengembangan game 3D. Farmer’s Journey adalah game simulasi petualangan bertema pertanian yang menggabungkan elemen eksplorasi dan pertarungan, di mana pemain berperan sebagai seorang petani yang harus menghadapi berbagai tantangan di hutan untuk mengumpulkan sumber daya guna merenovasi rumahnya yang telah usang. Pengembangan game ini dilakukan melalui tiga tahap utama: pra-produksi, yang mencakup perancangan konsep, desain karakter, dan lingkungan permainan; produksi, yang meliputi pembuatan aset 3D, tekstur, animasi, serta integrasi ke dalam Unity; dan pasca-produksi, yang berfokus pada pengujian, evaluasi, serta penyempurnaan untuk meningkatkan kualitas visual dan pengalaman bermain. Sebagai game artist, penulis bertanggung jawab atas pembuatan berbagai aset visual, termasuk model karakter, lingkungan, serta efek visual yang mendukung estetika permainan agar selaras dengan konsep yang telah ditentukan. Hasil dari tugas akhir ini adalah sebuah prototipe game 3D yang dapat dimainkan dan telah dipublikasikan di platform itch.io untuk perangkat PC (Windows). Dengan adanya proyek ini, diharapkan dapat memberikan wawasan lebih dalam mengenai proses perancangan, pengembangan, serta implementasi aset game dalam industri permainan digital.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Multimedia
Divisions: Skripsi > Teknik Informatika > 2025
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 10 Sep 2025 08:00
Last Modified: 10 Sep 2025 08:00
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/4832

Actions (login required)

View Item View Item