PENGARUH KETERSEDIAAN PRODUK, DISKON HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MINIMARKET FAVORITE TEMPINO

Handayani, Sri (2025) PENGARUH KETERSEDIAAN PRODUK, DISKON HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MINIMARKET FAVORITE TEMPINO. Skripsi thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (629kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ketersediaan produk, diskon harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen pada minimarket favorite tempino. ketersediaan produk, diskon harga dan lokasi menjadi strategi penting dalam pemasaran karna kesempatannya untuk menarik lebih banyak konsumen untuk datang dan mempertahankan konsumen. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian pada minimarket pavorite Tempino. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung, kuesioner, dan wawancara. Kuesioner disebarkan menggunakan Google Form dengan skala Likert untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi responden. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden, dihitung menggunakan rumus Slovin dengan taraf signifikansi 10%. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan produk (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Diskon Harga (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Lokasi (X3) juga terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Penelitian ini menyimpulkan bahwa semakin efektif minimarket favorite meningkatkandan memenfaatkan ketersediaan produk dan diskon harga yang dilakukan, Maka keputusan pembelian pada minimarket pavorite akan semakin meningkat. Saran praktis yang diberikan adalah untuk lebih meningkatkan aktivitas dalam menjaga serta meningkatkan ketersediaan produk, diskon harga dan lokasi diskon harga yang lebih menarik dan meningkatkan penjualan dengan strategi diskon harga yang lebih menarik. Penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk pengembangan strategi pemasaran di industri retail lainnya dengan memaksimalkan metode ketersediaan produk, diskonharga dan lokasi sebagai alat untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Analisis Sistem Informasi
Divisions: Skripsi > Manajemen > 2025
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 09 Sep 2025 08:10
Last Modified: 09 Sep 2025 08:10
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/4812

Actions (login required)

View Item View Item