ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP TINGKAT KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN METODE FUZZY SERVQUAL (STUDI KASUS : UNIVERSITAS DINAMIKA BANGSA)

Prasetio, Luky (2025) ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP TINGKAT KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN METODE FUZZY SERVQUAL (STUDI KASUS : UNIVERSITAS DINAMIKA BANGSA). Masters thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (517kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas layanan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Universitas Dinamika Bangsa menggunakan metode Fuzzy SERVQUAL. Analisis dilakukan berdasarkan lima dimensi kualitas layanan, yaitu Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, dan Tangibles. Hasil perhitungan defuzzifikasi menunjukkan bahwa dimensi Reliability dan Responsiveness memiliki nilai GAP sebesar 0.0, yang mengindikasikan bahwa layanan telah sesuai dengan ekspektasi mahasiswa. Sementara itu, dimensi Assurance, Empathy, dan Tangibles memiliki nilai GAP sebesar 1.0, yang menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap layanan lebih tinggi daripada harapan mereka. Dengan demikian, secara keseluruhan mahasiswa merasa puas dengan layanan yang diberikan oleh sistem informasi akademik. Lebih lanjut, penelitian ini mengidentifikasi faktor dominan yang paling berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa, yaitu Assurance yang mencerminkan jaminan keamanan dan kepercayaan terhadap sistem, Empathy yang menunjukkan perhatian serta kepedulian layanan terhadap kebutuhan mahasiswa, dan Tangibles yang berkaitan dengan fasilitas fisik serta tampilan sistem informasi akademik. Hasil penelitian ini menegaskan pentingnya peningkatan kualitas layanan akademik dengan mempertahankan keunggulan yang telah dicapai, serta memastikan bahwa dimensi Reliability dan Responsiveness tetap stabil dan tidak mengalami penurunan kualitas di masa mendatang. Rekomendasi yang dihasilkan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam perbaikan layanan akademik serta pengembangan strategi peningkatan kepuasan mahasiswa di Universitas Dinamika Bangsa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Analisis Sistem Informasi
Divisions: Tesis > Magister Sistem Informasi > 2025
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 08 Sep 2025 03:03
Last Modified: 08 Sep 2025 03:03
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/4722

Actions (login required)

View Item View Item