Alysia, Ayu (2025) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP JASA EDIT FOTO BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DI SHOPEE MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS). Masters thesis, UNAMA.
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (781kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (717kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (18kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (144kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna layanan jasa edit foto berbasis AI di Shopee menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Meskipun terdapat banyak aplikasi serupa di Play Store yang menawarkan hasil edit berkualitas, layanan ini tetap memiliki pengguna setia, meskipun sering mendapatkan komentar negatif, seperti hasil edit yang tidak sesuai ekspektasi dan ketergantungan pengguna pada jasa tersebut. Hasil pengujian menunjukkan bahwa skor SUS layanan ini mencapai 50,2995, yang tergolong dalam kategori Marginal (Low) dengan grade F, serta berada di rentang Poor hingga OK pada Adjective Rating. Hal ini menunjukkan bahwa layanan belum sepenuhnya memadai, dengan beberapa masalah pada aspek teknis, desain, dan navigasi. Uji parsial mengungkapkan bahwa variabel Effectiveness (X1), Satisfaction (X2), dan Efficiency (X3) memiliki pengaruh signifikan terhadap Usability (Y), dengan nilai signifikansi masing-masing variabel < 0,05. Uji simultan menghasilkan nilai F = 1317,078 dengan signifikansi 0,000 (< 0,05), yang menegaskan hubungan signifikan antara ketiga variabel tersebut terhadap Usability. Nilai koefisien determinasi (Adjusted R²) sebesar 0,912 menunjukkan bahwa 91,2% variabel Usability dipengaruhi oleh Effectiveness, Satisfaction, dan Efficiency, sedangkan 8,8% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Penelitian ini merekomendasikan perbaikan pada desain, proses, kecepatan, dan responsivitas layanan untuk meningkatkan kepuasan pengguna.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Analisis Sistem Informasi |
Divisions: | Tesis > Magister Sistem Informasi > 2025 |
Depositing User: | Digital Library |
Date Deposited: | 06 Sep 2025 08:05 |
Last Modified: | 06 Sep 2025 08:05 |
URI: | http://repository.unama.ac.id/id/eprint/4719 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |