ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP JASA EDIT FOTO BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DI SHOPEE MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS)

Alysia, Ayu (2025) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP JASA EDIT FOTO BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DI SHOPEE MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS). Masters thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna layanan jasa edit foto berbasis AI di Shopee menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Meskipun terdapat banyak aplikasi serupa di Play Store yang menawarkan hasil edit berkualitas, layanan ini tetap memiliki pengguna setia, meskipun sering mendapatkan komentar negatif, seperti hasil edit yang tidak sesuai ekspektasi dan ketergantungan pengguna pada jasa tersebut. Hasil pengujian menunjukkan bahwa skor SUS layanan ini mencapai 50,2995, yang tergolong dalam kategori Marginal (Low) dengan grade F, serta berada di rentang Poor hingga OK pada Adjective Rating. Hal ini menunjukkan bahwa layanan belum sepenuhnya memadai, dengan beberapa masalah pada aspek teknis, desain, dan navigasi. Uji parsial mengungkapkan bahwa variabel Effectiveness (X1), Satisfaction (X2), dan Efficiency (X3) memiliki pengaruh signifikan terhadap Usability (Y), dengan nilai signifikansi masing-masing variabel < 0,05. Uji simultan menghasilkan nilai F = 1317,078 dengan signifikansi 0,000 (< 0,05), yang menegaskan hubungan signifikan antara ketiga variabel tersebut terhadap Usability. Nilai koefisien determinasi (Adjusted R²) sebesar 0,912 menunjukkan bahwa 91,2% variabel Usability dipengaruhi oleh Effectiveness, Satisfaction, dan Efficiency, sedangkan 8,8% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Penelitian ini merekomendasikan perbaikan pada desain, proses, kecepatan, dan responsivitas layanan untuk meningkatkan kepuasan pengguna.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Analisis Sistem Informasi
Divisions: Tesis > Magister Sistem Informasi > 2025
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 06 Sep 2025 08:05
Last Modified: 06 Sep 2025 08:05
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/4719

Actions (login required)

View Item View Item