ANALISIS KUALITAS TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE UNIPIN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL

Khoirul Dzikri, Agus (2025) ANALISIS KUALITAS TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE UNIPIN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL. Skripsi thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
BABB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)

Abstract

Universal Pin (UniPin) adalah penyedia layanan pembayaran untuk game online dan produk digital di seluruh dunia. UniPin sebagai layanan pembayaran atau Top Up dari UniPin voucher game online yang yang bisa diakses oleh semua jenis smartphone melalui mobile situs unipin.com. Tujuan dari penelitian ini Untuk mengatahui dimensi variabel yang berpengaruh dan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna pada website UniPin. Metode Yang digunakan yaitu metode SERVQUAL yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna dari atribut masing-masing dimensi yaitu Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy. Mengingat jumlah populasi yang tidak diketahui secara pasti, maka penentuan jumlah sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus dari Lemeshow. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 387 responden. Responden dalam penelitian ini mengisi kuesioner melalui Google Form, sedangkan analisis data dilakukan menggunakan aplikasi IBM Statistics versi 25. Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas, seluruh data yang digunakan dalam penelitian ini dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari lima variabel SERVQUAL, hanya empat variabel yang secara signifikan memengaruhi kepuasan pengguna website Unipin, yaitu Tangibles, Reliability, Responsiveness, dan Empathy. Sementara itu, satu variabel lainnya, yaitu Assurance, tidak memberikan pengaruh terhadap kepuasan pengguna. Berdasarkan Uji F, ditemukan bahwa lima variabel bebas, yaitu Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy, dengan nilai F hitung sebesar 170,604 > 2.24, dan F tabel dengan signifikan 0,00 < 0,05, secara signifikan berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Pengguna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Analisis Sistem Informasi
Divisions: Skripsi > Sistem Informasi > 2025
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 15 Aug 2025 07:38
Last Modified: 15 Aug 2025 07:38
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/4628

Actions (login required)

View Item View Item