Az-zahra Nasution, Khairunnisa (2025) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI LINKEDIN DI KOTA JAMBI DENGAN MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION. Skripsi thesis, UNAMA.
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (105kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (863kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) |
Abstract
Aplikasi LinkedIn diluncurkan pada tahun 2003. Platform ini menawarkan berbagai fitur untuk memperluas jaringan profesional, mencari peluang karier, dan terhubung dengan perkembangan industri terkini. Tingginya minat pengguna LinkedIn diiringi dengan masalah kualitas layanan, meliputi informasi yang tidak relevan, kesalahan profil, ketidakakuratan pencarian kerja, antarmuka yang tidak user-friendly, fitur yang kurang dipahami, navigasi rumit, serta keterlambatan pembaruan atau notifikasi penting yang berpengaruh pada penurunan kepuasan pengguna. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan tujuan menganalisis dan mengukur pengaruh yang signifikan terhadap pengguna aplikasi LinkedIn di Kota Jambi menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Metode EUCS mempunyai variabel, yaitu Content (isi), Accuracy (keakuratan), Format (bentuk), Ease of use (kemudahan pengguna), Timeliness (ketepatan waktu), dan User Satisfaction (kepuasan pengguna). Penelitian ini menggunakan data hasil kuesioner dari 371 responden yang diolah menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) melalui software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga hipotesis yang memiliki pengaruh signifikan antar variabel yaitu Content berpengaruh positif (5.698) dan signifikan (0.000), Accuracy berpengaruh positif (2.958) dan signifikan (0.003) dan Ease of Use berpengaruh positif (4.506) dan signifikan (0.000). Sementara itu, dua hipotesis tidak memberikan pengaruh yang signifikan yaitu Format berpengaruh negatif (0.663) dan signifikan (0.508) serta Timeliness berpengaruh negatif (1.068) dan signifikan (0.286). Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi LinkedIn belum cukup baik dalam memenuhi kepuasan pengguna.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Analisis Sistem Informasi |
Divisions: | Skripsi > Sistem Informasi > 2025 |
Depositing User: | Digital Library |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 07:52 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 07:52 |
URI: | http://repository.unama.ac.id/id/eprint/4623 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |