PERANCANGAN APLIKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGHAFAL KOSAKATA BAHASA JEPANG BERBASIS ANDROID

Edrian Susanto, Wilbert (2025) PERANCANGAN APLIKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGHAFAL KOSAKATA BAHASA JEPANG BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)

Abstract

Keunikan bahasa Jepang terletak pada penggunaan tiga jenis huruf (Kanji, Hiragana, dan Katakana), sehingga sering kali dianggap sulit dipelajari. Terutama kesulitan yang terletak pada Kanji, yang memiliki kompleksitas dalam kosakata karena menggabungkan fungsi fonetis dan semantis, serta banyaknya homofon dengan makna yang berbeda. Selain itu, banyak orang mengalami kesulitan dalam menemukan materi kosakata yang terstruktur dengan baik untuk pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, dikembangkan sebuah aplikasi sebagai media pembelajaran berbasis Android dengan fitur-fitur yang dapat membantu pengguna menghafal kosakata bahasa Jepang secara efektif dan efisien. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Hasil penelitian ini adalah aplikasi pembelajaran bernama “Hafal Kanji” yang diharapkan dapat menjadi sumber informasi untuk membantu pengguna dalam menghafal kosakata bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Multimedia
Divisions: Skripsi > Teknik Informatika > 2025
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 12 Jul 2025 07:45
Last Modified: 12 Jul 2025 07:45
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/4514

Actions (login required)

View Item View Item