ANALISIS KUALITAS KEPUASAN PENGGUNA PADA APLIKASI SIABON MENGGUNAKAN METODE DELONE DAN MCLEAN

Lathifah, Hasna (2024) ANALISIS KUALITAS KEPUASAN PENGGUNA PADA APLIKASI SIABON MENGGUNAKAN METODE DELONE DAN MCLEAN. Skripsi thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB)

Abstract

SiAbon (Sistem Absensi Online) merupakan sebuah platform aplikasi dari Diskominfo Jambi yang berfungsi sebagai pencatatan presensi pegawai (mobile attendence) dengan fitur yang memungkinkan pegawai dapat melakukan pencatatan kehadiran kerja menggunakan smartphone sekaligus memberikan kemudahan pada sisi badan kepegawaian untuk memantau jam kerja pegawai. Aplikasi SiAbon menghadirkan fitur validasi seperti Global Positioning System (GPS) untuk mendeteksi lokasi absensi pegawai dan fitur pengenalan wajah (face recognition) sehingga proses absensi dapat dilakukan lebih akurat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas kepuasan pengguna pada aplikasi SiAbon di Sekretariat Daerah Provinsi Jambi. Penelitian ini menggunakan metode Delone and McLean sebagai kerangka analisis. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai di Lingkup Sekretariat Daerah Provinsi Jambi yang telah menggunakan aplikasi SiAbon. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan aplikasi SmartPLS untuk mengevaluasi hubungan antara faktor-faktor dalam model Delone and McLean dan keberhasilan aplikasi SiAbon. Nilai Probabilitas atau signifikan > 0,5. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti kualitas sistem, kualitas Informasi, kualitas layanan dan kepuasan pengguna yang dirasakan oleh pengguna berkontribusi secara signifikan terhadap keberhasilan aplikasi SiAbon. Kualitas sistem dan Kualitas Informasi menjadi faktor kunci dalam mencapai keberhasilan aplikasi SiAbon di Sekretariat Daerah Provinsi Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Analisis Sistem Informasi
Divisions: Skripsi > Sistem Informasi > 2024
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 20 Jun 2025 09:05
Last Modified: 20 Jun 2025 09:05
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/4408

Actions (login required)

View Item View Item