PERANCANGAN GAME EDUKASI TEBAK NAMA BUAH DALAM BAHASA INGGRIS PADA SD N 110/1 TENAM BERBASIS ANDROID

Fidia, Fidia (2024) PERANCANGAN GAME EDUKASI TEBAK NAMA BUAH DALAM BAHASA INGGRIS PADA SD N 110/1 TENAM BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)

Abstract

Game Edukasi adalah salah satu jenis media yang digunakan untuk memberikan pengajaran, menambah pengetahuan suatu penggunaannya melalui suatu media unik dan menarik seperti konten pendidikan contohnya game edukasi pembelajaran bahasa inggris. Masalah yang di hadapi di SD N 110/1 Tenam ini, guru mengalami kesulitan dalam mengajar murid yang kurang memperhatikan proses pembelajaran dikarenakan pembelajaran menggunakan buku dan papan tulis secara berulang yang mana membuat anak-anak merasa bosan, sehingga pembelajaran tersebut dikatakan kurang efektif. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari enam tahapan, perancangan, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Selain itu, metode pendekatan guided discovery digunakan untuk memandu siswa dalam proses pembelajaran. Dalam perancangan game, Construct 2 dipilih sebagai game engine karena memiliki fitur HTML5, memungkinkan game dapat diakses dan dimainkan dengan mudah. Tujuan utama dari game ini adalah meningkatkan minat dan pembelajaran siswa terhadap bahasa Inggris, khususnya dalam mengenali nama-nama buah. Hasil pengujian kelayakan sistem menggunakan black-box testing menunjukkan tingkat keberhasilan yang tinggi. Dengan nilai 100% dari mahasiswa dan 94% dari guru, Game Edukasi ini dianggap layak dan memenuhi standar kualitas yang diinginkan. Penerimaan positif dari pengguna menunjukkan bahwa game ini bukan hanya alat bantu pembelajaran yang efektif tetapi juga sesuai dengan kebutuhan pembelajaran di SD N 110/1 TENAM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Multimedia
Divisions: Skripsi > Teknik Informatika > 2024
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 21 Jan 2025 07:25
Last Modified: 21 Jan 2025 07:25
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/4005

Actions (login required)

View Item View Item