Martha Roza, Rizqy (2024) EVALUASI DAN ANALISIS KEBERGUNAAN APLIKASI PERUMDA TIRTA MAYANG KOTA JAMBI (SIMAYANG) DENGAN MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE DAN HEURISTIC EVALUATION. Skripsi thesis, UNAMA.
Text
BAB I.pdf Download (262kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (669kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (8kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
Abstract
Perumda Tirta Mayang Kota Jambi adalah sebuah perusahaan daerah air minum yang berlokasi di Kota Jambi Provinsi Jambi Indonesia. Bagi pengguna Perumda, memakai aplikasi SIMAYANG karena bisa dengan mudah mendapatkan informasi, ajuan pembuatan pasang baru pipa air, cek tagihan air dengan mudah catat meter mandiri dan bisa dengan mudah melihat pengumuman jika air Perumda punya kendala. Metode System Usability Scale (SUS) dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner. Kuesioner telah dirancang kemudian diberikan kepada responden. Tanggapan yang diberikan oleh responden pada kuesioner tersebut akan diolah dan dianalisis. Metode Heuristic Evaluation (HE) Analisis untuk metode Heuristic Evaluation (HE) melibatkan evaluasi yang dilakukan oleh para ahli. dengan menggunakan metode System Usability Scale melibatkan 337 responden dari pengguna aplikasi SIMAYANG dan pada metode Heuristic Evaluation melibatkan 3 evaluator yaitu para dosen dibidang Human and Computer Interaction untuk melakukan pengujian aplikasi SIMAYANG. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan metode System Usability Scale didapatkan rata-rata skor SUS yaitu 52,81 dari skala 100 yang berada pada posisi Marginal, dengan grade scale dengan kategori D, dan Adjective Ratings dengan kategori OK yang dapat dikatakan Rendah.Penelitian ini memberikan rekomendasi pada dapat berupaya untuk meningkatkan konsistensi dan mengatasi ketidak konsistenan dalam pengembangan serta penggunaan aplikasi. rekomendasi adanya fitur kritik dan saran pada aplikasi SIMAYANG agar dapat memberikan masukan dan kritik terhadap instansi terkait, dan rekomendasi adanya menu help pada Aplikasi SIMAYANG.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Analisis Sistem Informasi |
Divisions: | Skripsi > Teknik Informatika > 2024 |
Depositing User: | Digital Library |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 03:43 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 03:43 |
URI: | http://repository.unama.ac.id/id/eprint/4000 |
Actions (login required)
View Item |