APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA OBJEK WISATA TAMAN RIMBA ZOO JAMBI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE (MDLC)

Lokananta, Pramudya (2024) APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA OBJEK WISATA TAMAN RIMBA ZOO JAMBI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE (MDLC). Skripsi thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)

Abstract

Arsitektur Augmented Reality (AR) telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. AR memiliki potensi untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Taman Rimba Zoo Jambi sebagai destinasi wisata memiliki potensi besar untuk menjadi sumber pengetahuan yang menarik dan edukatif. Salah satu pendekatan inovatif dalam mendukung pembelajaran adalah melalui pemanfaatan teknologi Augmented Reality (AR). Diketahui yang jadi kendala adalah ketika pengunjung datang tetapi hewan yang di kunjungi malah sedang tidur atau bahkan sedang bersembunyi di sudut-sudut kandang yang tidak terlihat dari sudut pandang pengunjung, yang membuat interaksi antara pengunjung dengan hewan tersebut menjadi kurang. Dari permasalahan tersebut penulis memutuskan untuk melakukan penelitian dengan merancang dan menghasilkan aplikasi Augmented reality yang dapat menampilkan objek 3D hewan, dilanjutkan membuat kerangka kerja dengan merumuskan masalah, menentukan tujuan, mengumpulkan data, menganalisis data, setelah itu dilakukanlah pengembangan sistem, metode pengembangan sistem yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis AR di objek wisata Taman Rimba Zoo Jambi. Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan interaksi dan pemahaman pengunjung terhadap lingkungan dan fauna yang ada di Taman Rimba Zoo Jambi, serta memberikan pengalaman belajar yang menarik dan berkesan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan media pembelajaran berbasis AR pada destinasi wisata lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Multimedia
Divisions: Skripsi > Teknik Informatika > 2024
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 17 Oct 2024 13:09
Last Modified: 17 Oct 2024 13:09
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/3911

Actions (login required)

View Item View Item