Dermawan, M.Azidan (2023) ANALISIS KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP APLIKASI J&T EXPRESS SEBAGAI PENYEDIA JASA DENGAN MENGGUNAKAN METODE E-SERVQUAL. Skripsi thesis, UNAMA.
Text
BAB I.pdf Download (397kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (726kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (10kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (125kB) |
Abstract
J&T Express merupakan sebuah aplikasi yang dapat menunjang kemudahan dalam pengiriman barang atau jasa, J&T diciptakan untuk memudahkan pengiriman barang ketika pengguna atau pembisnis online dapat mengirim barang secara praktis tanpa memerlukan tenaga diri sendiri. Berdasarkan keluhan pengguna di kolom atau form komentar pada aplikasi Playstore permasalahan yang sering mereka alami diantaranya yaitu kualitas layanan seperti pengiriman barang yang selalu terhambat, tampilan aplikasi yang kurang ramah bagi pengguna baru (user interface), dan terjadinya gangguan pada aplikasi saat digunakan sehingga membuat pengguna merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, perlu dilakukan suatu analisis untuk mengetahui bagaimana kualitas layanan serta menilai tingkat kepuasan pengguna. Dalam peneletian ini, metode yang digunakan yaitu metode E-Servqual. Metode E- Servqual dikembangkan untuk mengevaluasi suatu pelayanan. E-Servqual mendefinisikan kualitas pelayanan sebagai seberapa jauh perbedaan antara kenyataan dengan harapan atas layanan yang diterima pengguna, ini berfungsi untuk mengukur persepsi pengguna terhadap pengalaman yang dimilikinya dalam menggunakan layanan. Penelitian dilakukan dengan melakukan pengumpulan data yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden, kemudian dilakukan pengujian data kuesioner menggunakan program SPSS, lalu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas, kemudian dilakukan uji hipotesis untuk mengetahui variabel yang berpengaruh signifikan atau tidak. Dari 5 variabel yang digunakan terdapat variabel System Availability, Responsiveness dan contact, yang memiliki nilai secara signifikan, sedangkan Efficiency dan Privacy dinilai tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna pada aplikasi J&T di Kota Jambi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Analisis Sistem Informasi |
Divisions: | Skripsi > Sistem Informasi > 2023 |
Depositing User: | Digital Library |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 10:55 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 10:55 |
URI: | http://repository.unama.ac.id/id/eprint/3266 |
Actions (login required)
View Item |