ANALISIS KUALITAS LAYANAN APLIKASI AL-QUR’AN INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL DI KOTA JAMBI

Haziah Pratama, Rara (2023) ANALISIS KUALITAS LAYANAN APLIKASI AL-QUR’AN INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL DI KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI .pdf

Download (291kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (575kB)

Abstract

Aplikasi Al-Quran Indonesia adalah sebuah platform penerbitan digital untuk membaca Al-Qur’an, melihat jadwal sholat, petunjuk arah kiblat dan mendengarkan audio murottal al-qur’an pada ponsel untuk menunjang ibadah para muslim dengan tampilan user friendly yang bisa dioperasikan secara offline. Tetapi pada saat pengoperasian aplikasi al-qur’an indonesia terdapat permasalahan yang peneliti temukan yaitu pada fitur audio murottal yang saat menggunakannya sering kali pada ponsel yang kita gunakan mengeluarkan sebuah notifikasi atau panggilan yang menyebabkan fitur audio murottal terhenti dan mengulang kembali ke awal ayat sehingga pengguna tidak mengetahui batas-batas yang sudah didengarkan. Maka dari itu penulis melakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas layanan aplikasi berdasarkan metode Servqual (Service Quality) untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh atas kualitas layanan aplikasi Al-Qur’an Indonesia, yang dilakukan dengan mengumpulkan data melalui penyebaran kuesioner secara tidak langsung yang berisi 21 pertanyaan kepada 410 responden pengguna aplikasi al-qur’an indonesia. Metode ini melakukan pengukuran kualitas layanan dengan menggunakan enam dimensi pengukuran yang telah dimodifikasi yang menunjukkan hasil bahwa dari enam variabel servqual, lima variabel yaitu Tangibles, Reliability, Assurance, Empathy, dan Trust berpengaruh secara signifikan, hanya satu variabel saja yaitu Responsiveness yang secara signifikan tidak berpengaruh terhadap persepsi pengguna aplikasi al-qur’an indonesia. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kepuasan pengguna apliasi al-qur’an indonesia di kota jambi sudah sangat baik artinya tingkat kepuasan pengguna al-qur’an indonsia terbilang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Analisis Sistem Informasi
Divisions: Skripsi > Sistem Informasi > 2023
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:35
Last Modified: 25 Jan 2024 02:35
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/3178

Actions (login required)

View Item View Item