Muttaqin, Muttaqin (2023) ANALISIS KUALITAS LAYANAN APLIKASI DISCORD BAGI MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE E-SERVQUAL. Skripsi thesis, UNAMA.
Text
BAB I.pdf Download (127kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (893kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (371kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (8kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (474kB) |
Abstract
Seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, saat ini pendidikan telah memasuki era pendidikan 4.0. Era Pendidikan 4.0 merupakan pendidikan dengan proses belajar dan mengajar menggunakan manfaat dari teknologi digital. Dalam masalah aplikasi Discord yang dilakukan dengan wawancara, yang dikeluhkan oleh para penggunanya dari mahasiswa UNAMA Kota Jambi. Salah satu masalah yang didapat yaitu pada sistemnya, seperti bug pada saat memutar video, gambar nya yang berubah hitam seketika dan sering disconnect walaupun disaat sinyal bagus. Model pengukuran yang digunakan pada penelitian ini adalah E-Servqual. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan dari pengguna terhadap layanan yang diberikan dari aplikasi Discord, dan untuk mengidentifikasi indikator apa saja yang ada pada kerangka e-servqual yang perlu dipertahankan, dan ditingkatkan dalam kualitas layanan aplikasi Disord berdasarkan hasil analisa. Data diproleh dengan menyebar kuesioner kepada pengguna aplikasi Discord sebanyak 317 sampel. Data penelitian diolah menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan software smart pls. Hasil penelitian ini dari analisis ketiga yang dilakukan menemukan hasil bahwa analisis Efisiensi perpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dimana nilai T-statistic construct sebesar 2.524 dan nilai P-values yaitu 0.012. Analisis kelima yang dilakukan menemukan hasil bahwa daya tanggap memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dimana nilai T-statistic construct sebesar 3.131 dan nilai P-values yaitu 0.002. Analisis ketujuh yang dilakukan menemukan hasil bahwa kontak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dimana nilai T-statistic construct sebesar 3.448 dan nilai P-values yaitu 0.001. Sehingga dapat di simpulkan aplikasi Discord ini cukup baik digunakan oleh mahasiswa UNAMA Kota Jambi karena terdapat 3 hipotesis diterima dan 4 hipotesis ditolak dalam mengukur tingkat kepuasaan dari pengguna terdapat layanan yang diberikan dari aplikasi Discord.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Analisis Sistem Informasi |
Divisions: | Skripsi > Sistem Informasi > 2023 |
Depositing User: | Digital Library |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 12:01 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 12:01 |
URI: | http://repository.unama.ac.id/id/eprint/3174 |
Actions (login required)
View Item |