Rindang Jovita, Inez (2022) ANALISIS SENTIMEN PADA TWIT TERHADAP KPI PASCA KASUS PELECEHAN SEKSUAL MENGGUNAKAN METODE LEXICON BASED. Skripsi thesis, UNAMA.
Text
BAB I.pdf Download (406kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (964kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (607kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (187kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (455kB) |
Abstract
Komisi Penyiaran Indonesia beberapa waktu yang lalu sempat menduduki posisi tranding topic pada twitter akibat kasus yang melibatkan anggota internal KPI, hal ini tentu memberikan beberapa dampak termasuk sentiment masyarakat yang berbeda – beda pada twit atau cuitan di twitter. Dengan adanya penelitian ini, bertujuan untuk mengkaji data twit mengenai KPI setelah kasus pelecehan yang terjadi pada internal KPI pusat dengan melakukan analisis sentimen terhadap twit masyarakat mengenai KPI dengan pendekatan lexicon. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat penolakan ataupun penerimaan opini twit terhadap KPI. Penelitian ini menggunakann metode lexicon based, pengumpulan data menggunakan Twitter API serta alat bantu pengolahan data menggunakan aplikasi orange. Dengan penelitian ini di dapat hasil bahwa sentimen masyarakat pada twit adalah netral, tetapi sentiment dan aplikasi orange sendiri tidak tetap sesuai dengan masalah dan keadaan yang terjadi karena sentimen dan orange yang bersifat real time, hal ini dapat dibuktikan dengan media berita yang ada.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Analisis Sistem Informasi |
Divisions: | Skripsi > Teknik Informatika > 2022 |
Depositing User: | Digital Library |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 06:35 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 06:35 |
URI: | http://repository.unama.ac.id/id/eprint/2586 |
Actions (login required)
View Item |