PERANCANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN TANAMAN UNTUK ANAK-ANAK BERBASIS AUGMENTED REALITY

Sinambela, Rinaldi Panca Anugrah (2019) PERANCANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN TANAMAN UNTUK ANAK-ANAK BERBASIS AUGMENTED REALITY. Skripsi thesis, STIKOM DInamika Bangsa Jambi.

[img] Text
Bab 1.pdf

Download (217kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (752kB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (198kB)

Abstract

Augmented Reality (AR) adalah suatu teknologi yang menggabungkan benda maya 2 dimensi dan ataupun 3 dimensi kedalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata, tidak seperti realitas yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, pada RA Almira pelajaran tentang mengenali tanaman masih bersifat tradisionalis, manual, dan metode pelajaran yang masih belum variatif sehingga anak-anak memiliki keinginan rendah untuk mempelajarinya. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi media pembelajaran interaktif pengenalan tanaman berbasis augmented reality pada anak anak dan menerapkan augmented reality sebagai media pembelajaran pengenalan tanaman di TK Raudhatul Athfal Almira. Penelitian ini mendesain aplikasi, identifikasi masalah untuk mengetahui masalah yang terjadi, studi literatur agar memiliki landasan keilmuan yang baik dan sesuai, pengumpulan data dengan cara melakukan dokumentasi dan kuisoner, selanjutnya penerapan aplikasi. Penelitian yang telah dilakukan menghasilkan sebuah aplikasi augmented reality pengenalan tanaman berbasis android pada RA Almira Kota Jambi. Aplikasi pengenalan tanaman ini membantu pada proses belajar murid untuk mengenali nama dan warna pada tanaman. Aplikasi ini menjadi alat bantu dalam menyampaikan materi tentang tanaman kepada murid. Perancangan media pembelajaran berupa aplikasi pengenalan tanaman ini membantu memudahkan murid untuk mengenal tanaman dengan media yang lebih interaktif dan menarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Multimedia
Divisions: Skripsi > Teknik Informatika > 2019
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 26 Jul 2019 09:40
Last Modified: 26 Jul 2019 09:40
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/258

Actions (login required)

View Item View Item