ANALISIS KESUKSESAN APLIKASI PLN MOBILE TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DELONE AND MCLEAN

M Fasyah, Gardika (2022) ANALISIS KESUKSESAN APLIKASI PLN MOBILE TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DELONE AND MCLEAN. Skripsi thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)

Abstract

Aplikasi PLN Mobile merupakan aplikasi pembayaran listrik melalui digital tujuan aplikasi PLN Mobile diciptakan untuk mempermudah transaksi pembayaran listrik melalui online. Dengan adanya aplikasi tersebut pelanggan tidak perlu untuk datang langsung ke kantor PLN untuk membayar listrik. Aplikasi PLN mobile seperti sering terjadinya gangguan Informasi yang ada di aplikasi tidak sesuai dengan kenyataan, respon pengguna seperti kesulitan dalam hal login mendapatkan nomor OTP (On Time Password). Tujuan untuk analisis kesuksesan PLN mobile terhadap kepuasan pengguna dengan menggunakan metode Delone and McLean. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Kualitas Sistem (System Quality), Kualitas Informasi (Information Quality), Kualitas Layanan (Service Quality), dan Kepuasan Pengguna (User Satisfaction). Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner yang berisi 20 butir pertanyaan kepada 100 responden melalui google form, kemudian data penelitian diolah dengan Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan software SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan dari 3 hipotesis hanya 1 hipotesis yang diterima yaitu H3 dengan nilai original sampel positif, nilai t-statistic > 1.96 dan nilai p-value < 0.05 dan 2 hipotesis yang ditolak yaitu H1 dan H2 dengan tidak memberikan pengaruh positif dan signifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi PLN Mobile belum cukup baik dalam mencapai tingkat kepuasan pengguna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Analisis Sistem Informasi
Divisions: Skripsi > Sistem Informasi > 2022
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 12 Sep 2023 07:13
Last Modified: 12 Sep 2023 07:13
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/2532

Actions (login required)

View Item View Item