Implementasi Teknologi Augmented Reality Dalam Menentukan Interior Ruangan Menggunakan Metode Markerless

Fadlan, Ahmad (2019) Implementasi Teknologi Augmented Reality Dalam Menentukan Interior Ruangan Menggunakan Metode Markerless. Skripsi thesis, STIKOM DInamika Bangsa Jambi.

[img] Text
Bab 1.pdf

Download (217kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (467kB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (178kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (114kB)

Abstract

Mendesain ruangan seperti renovasi sebuah ruangan atau mendesain ruangan baru serta tata letak furniture sering tidak sesuai dengan yang kita harapkan karena hanya berdasarkan gambar atau skema yang kita lihat, tetapi setelah kita aplikasikan pada ruangan tersebut terdapat kejanggalan-kejanggalan sehingga nilai kepuasan dan keindahan yang kita dapatkan pada ruangan tersebut berkurang. Desain interior merupakan sebuah perencanaan tata letak dan perancangan ruangan didalam bangunan yang bertujuan untuk memperindah tempilan suatu ruangan. Desain interior juga dapat menciptakan lingkungan yang dapat menunjang kenyamanan seseorang dalam beraktivitas dalam ruangan tersebut. Dengan adanya pemanfaatan Augmented Reality nantinya masyarakat dapat secara langsung melihat bagaimana ruangan yang akan didesain diberi objek atau benda yang telah disediakan pada aplikasi agar nantinya hanya memerlukan bebrapa kali pemindahan barang untuk menemukan tampilan yang sesuai. Benda atau objek yang ditampilkan akan berbentuk 3D dengan menggunakan metode markerless yang mana membuat tampilan lebih atraktif dan dapat meningkatkan ide masyarakat dalam mendesain ruangan. Peneliti membuat program dengan menggunakan aplikasi Android Studio dan Google SkecthUp, teknologi augmented reality dengan metode markerless 3D objek tracking dan Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem yaitu model waterfall. Sedangkan alat bantu pemodelan sistem yang digunakan oleh penulis adalah usecase diagram, activity diagram, class diagram dan sequence diagram. Dalam penelitian ini menghasilkan aplikasi Augmented Reality desain interior berbasis android,. dengan adanya aplikasi ini dapat membantu dalam pembuatan atau perancangan desain interior suatu ruangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Multimedia
Divisions: Skripsi > Teknik Informatika > 2019
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 26 Jul 2019 07:36
Last Modified: 26 Jul 2019 07:36
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/231

Actions (login required)

View Item View Item