Septiana, Yusnia (2020) Analisis Kepuasan Pengguna Dalam Menerima Sistem Informasi (SIKOJA) Dengan Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone Dan Mclean. Skripsi thesis, Universitas Dinamika Bangsa.
Text
BAB I.pdf Download (140kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (900kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (423kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (157kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (874kB) |
Abstract
Aplikasi Sistem Informasi Kota Jambi (SIKOJA) merupakan salah satu bentuk pelayanan ke masyarakat (publik) berbasis elektronik. Permasalahan yang ditemukan pada aplikasi tersebut yaitu masih sangat minim pengguna, kurangnya integrasi terhadap aplikasi lainnya, untuk fitur layanan publik di bagian berita kota hanya menampilkan halaman web ke aplikasi (web view) sehingga respon menjadi lambat, pencarian berita tidak urut berdasarkan tahun dan tidak langsung mendekati keyword yang diketik (masih terlalu luas), tidak adanya kategorisasi berita di halaman utama, user interface yang menampilkan berita masih berantakan sehingga informasi yang diserap tidak efektif serta informasi yang ditampilkan kurang relevan dan pada menu seperti pendidikan dan perizinan untuk fitur-fiturnya sendiri yaitu iJambi dan silancar harus di install sehingga menyebabkan kerumitan dan memori smartphone menjadi penuh. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perilaku pengguna terhadap penerimaan Aplikasi Sistem Informasi Kota Jambi (SIKOJA) dan melihat keterkaitan antar setiap variabel yang digunakan berdasarkan metode Delon and Mclean berdasarkan variabelnya (information systems success yaitu information quality, system quality, service quality, use, user statisfaction dan net benefits). Analisis data diolah dengan menggunakan metode SEM-PLS dengan software Smartpls V2.0. berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa beberapa variabel memiliki nilai signifikan dan tidak signifikan pada uji hipotesis. Di mana variabel “information quality” tidak mempengaruhi “use” dengan nilai hipotesis t-statistik 1,9369 dan p-value 0,0557 dan “use” tidak mempengaruhi “net benefits” dengan nilai t-statistik 1,8808 dan p-value 0,0631. Namun penelitian ini menemukan hubungan yang signifikan untuk variabel “system quality terhadap user satisfaction”, “system quality” terhadap use”, “user satisfaction” terhadap “use” “user satisfaction” terhadap “net benefits dengan nilai t-statistik > 1,96 dan p-value < 0,05. Sehingga dapat dikatakan bahwa penelitian ini memberikan gambaran mengenai variabel yang mempengaruhi perilaku pengguna terhadap penerimaan Aplikasi SIKOJA.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Analisis Sistem Informasi |
Divisions: | Skripsi > Sistem Informasi > 2020 |
Depositing User: | Digital Library |
Date Deposited: | 03 Aug 2020 03:56 |
Last Modified: | 03 Aug 2020 03:56 |
URI: | http://repository.unama.ac.id/id/eprint/1206 |
Actions (login required)
View Item |