PERBANDINGAN ALGORITMA C4.5 DAN NAIVE BAYES DALAM MACHINE LEARNING UNTUK KLASIFIKASI PERFORMA PELAJAR

Bilal Alfayyadh, Muhammad (2025) PERBANDINGAN ALGORITMA C4.5 DAN NAIVE BAYES DALAM MACHINE LEARNING UNTUK KLASIFIKASI PERFORMA PELAJAR. Masters thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (956kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (280kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Salah satu inovasi teknologi yang telah memberikan kontribusi besar adalah machine learning. Pendidikan merupakan aspek penting dalam pembangunan sumber daya manusia. Dalam konteks ini, memahami faktor-faktor yang mempengaruhi performa pelajar dan mengklasifikasi hasil belajar mereka menjadi sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kinerja terbaik dari dua model yaitu Algoritma C4.5 dan Naïve Bayes, kemudian menghasilkan pohon keputusan untuk mempermudah klasifikasi performa pelajar. Dengan menggunakan dataset performa pelajar yang berjumlah 2.392 data, penelitian ini mengklasifikasi performa pelajar dari berbagai aspek seperti nilai, partisipasi dalam kelas, keterampilan belajar, serta kontribusi dalam kegiatan ekstrakurikuler. Pada penelitian ini, penulis melakukan data splitting dengan rasio sebesar 70:30 dan 80:20, kemudian melakukan evaluasi model dengan confusion matrix dan validasi model dengan 10-fold cross-validation. Hasil terbaik dari pengujian model adalah sebesar 85.82% menggunakan Algoritma C4.5 dengan 10-fold cross-validation. Hasil penelitian ini diharapkan tidak hanya mampu mengklasifikasi performa pelajar dengan akurasi yang baik, tetapi juga memberikan insight yang berharga bagi pendidik dan pengelola sekolah maupun kampus untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Analisis Sistem Informasi
Divisions: Tesis > Magister Sistem Informasi > 2025
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 11 Sep 2025 03:35
Last Modified: 11 Sep 2025 03:35
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/4838

Actions (login required)

View Item View Item