Agustina Tarigan, Wina (2025) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM) MENGGUNAKAN METODE UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USER OF TECHNOLOGY (UTAUT) BERDASARKAN PERSPEKTIF GURU SMK NEGERI DI KOTA JAMBI. Masters thesis, UNAMA.
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (685kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (918kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (713kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (447kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (417kB) |
Abstract
Pemanfaatan teknologi serta pengembangan kompetensi di era saat ini menjadi suatu dasar untuk pengembangan Kurikulum Merdeka. Sekolah beserta guru perlu mempersiapkan diri secara matang, mulai dari memahami struktur program studi mandiri, penilaian, hasil pembelajaran, serta tujuan pembelajaran, hingga pelaksanaan proyek maupun aspek lainnya. Hal ini dapat dilaksanakan melalui partisipasi dalam kegiatan mobilisasi guru maupun mobilisasi sekolah. Pemerintah mendukung penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Kejuruan dengan menyediakan perangkat pengajaran seperti buku teks serta bahan pendukung, pelatihan serta sumber ajar bagi pendidik melalui aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang dapat dibuka di laptop ataupun ponsel. Implementasi Kurikulum Merdeka yang digaungkan oleh pemerintah Indonesia mendorong inovasi dalam proses pembelajaran, salah satunya melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Platform Merdeka Mengajar hadir sebagai solusi untuk mendukung transformasi pendidikan yang lebih fleksibel serta berpusat pada siswa. SMK Negeri di Kota Jambi lembaga pendidikan menengah kejuruan, telah mengadopsi platform ini dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna aplikasi Platform Merdeka Mengajar di SMK Negeri di Kota Jambi dengan model UTAUT. Secara spesifik, penelitian ini akan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi niat guru dalam menggunakan aplikasi tersebut, serta mengukur tingkat kepuasan mereka terhadap fitur-fitur yang tersedia. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dan dapat disimpulkan dari 5 hipotesis yang dikembangkan hipotesis yang diterima yaitu hipotesis Performance Expectancy (H1), Effort Expectancy (H2) dan Behavioral Internetion (H5). 2 hipotesis yang ditolak yaitu hipotesis Social Influence (H3) dan Facilitating Conditions (H4).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Analisis Sistem Informasi |
Divisions: | Tesis > Magister Sistem Informasi > 2025 |
Depositing User: | Digital Library |
Date Deposited: | 06 Sep 2025 03:11 |
Last Modified: | 06 Sep 2025 03:11 |
URI: | http://repository.unama.ac.id/id/eprint/4712 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |