PERANCANGAN E-LEARNING SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN PADA SMA NEGERI 2 BATANG HARI

Suwanto, Suwanto (2025) PERANCANGAN E-LEARNING SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN PADA SMA NEGERI 2 BATANG HARI. Skripsi thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (388kB)

Abstract

Kemajuan teknologi informasi telah membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan, terutama dalam metode pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (SMA). Salah satu inovasi yang dapat diterapkan adalah e-learning sebagai media pembelajaran berbasis digital. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sistem e-learning yang efektif guna meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem e-learning ini meliputi analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, serta evaluasi efektivitasnya. Sistem e-learning yang dikembangkan dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti materi pembelajaran interaktif, forum diskusi, tugas daring, serta sistem evaluasi berbasis kuis dan ujian online. Dengan adanya platform ini, siswa diharapkan dapat belajar secara lebih fleksibel, baik di dalam maupun di luar kelas, sehingga pemahaman dan hasil belajar mereka meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi e-learning dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran serta memberikan kemudahan bagi guru dalam menyampaikan materi dan melakukan evaluasi. Oleh karena itu, sistem e-learning dapat menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Interaksi Manusia Komputer
Divisions: Skripsi > Teknik Informatika > 2025
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 02 Sep 2025 05:57
Last Modified: 02 Sep 2025 05:57
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/4680

Actions (login required)

View Item View Item