PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN PEMASARAN AFILIASI SHOPEE TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA FIMBIS UNIVERSITAS DINAMIKA BANGSA JAMBI

Tovell, Vanessa (2024) PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN PEMASARAN AFILIASI SHOPEE TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA FIMBIS UNIVERSITAS DINAMIKA BANGSA JAMBI. Skripsi thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)

Abstract

Sistem jual beli yang pada awalnya dilakukan secara langsung, mulai beralih menggunakan metode daring disebabkan pandemi Covid-19. Masyarakat menjadi terbiasa dan tetap berpegang pada sistem belanja online yang dinilai lebih efektif. Sebagai bentuk inovasi, media sosial berubah menjadi sarana pelaku usaha untuk mencapai konsumen. Inovasi pada media sosial juga melahirkan model pemasaran afiliasi yang menjadi salah satu trend pemasaran, yang dapat menarik minat beli. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh media sosial (X1) dan pemasaran afiliasi Shopee (X2) terhadap minat beli (Y) mahasiswa Fakultas Ilmu Manajemen dan Bisnis Universitas Dinamika Bangsa Jambi. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisinoner penelitian pada 240 orang mahasiswa yang memenuhi persyaratan, yakni memiliki media sosial, pengguna shopee, dan pernah mengakses konten afiliasi Shopee. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitif dengan menggunakan model regresi linear berganda untuk mengetahui adanya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel media sosial dan pemasaran afiliasi Shopee terhadap minat beli, baik secara parsial dan simultan. Ditemukan pula bahwa variabel yang paling mempengaruhi minat beli mahasiswa ialah pemasaran afiliasi Shopee.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Analisis Sistem Informasi
Divisions: Skripsi > Kewirausahaan > 2024
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 23 Jun 2025 08:24
Last Modified: 23 Jun 2025 08:24
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/4431

Actions (login required)

View Item View Item