ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI BSI MOBILE DI KOTA JAMBI MENGGUNAKAN METODE E-SERVQUAL

Jun Syaputra, Al Ikhsan (2024) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI BSI MOBILE DI KOTA JAMBI MENGGUNAKAN METODE E-SERVQUAL. Skripsi thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (884kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (288kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)

Abstract

Bank Syariah Indonesia (BSI) merupakan salah satu perusahaan yang menerapkan sistem mobile banking, dimana layanan tersebut merupakan cara penyesuaian terhadap pengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi. Alasan memilih mobile banking untuk di teliti karena mobile banking Bank Syariah Indonesia merupakan salah satu 6 perbankan terbesar di Indonesia. Akan tetapi dari ulasan yang diunggah oleh pengguna aplikasi BSI mobile di Google Play Store terdapat beberapa permasalahan yaitu saat verifikasi wajah sering gagal, sering terjadi error request time out pada aplikasi ketika digunakan oleh pengguna, terkadang aplikasi tersebut harus memasukan kata sandi berulang kali untuk membuka fitur fitur yang tersedia, oleh sebab itu penelitian perlu melakukan pengukuran terhadap kualitas layanan pada aplikasi BSI mobile di Kota Jambi dengan menggunakan metode E-Servqual. Pada metode E-SERVQUAL ini terdapat 8 dimensi untuk mengukur kualitas layanan online diantaranya: efficiency, fulfillment, reliability, privacy, responsivenss, compensation, contact dan Kepuasan Pengguna. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan jumlah data yang didapat sebanyak 385 responden. Analisis data yang diolah dengan menggunakan software SPSS 25. Berdasarkan hasil analisis melalui uji hipotesis diketahui bahwa dari 7 hipotesis yang diajukan, 5 diantaranya diterima dan hipotesis lainnya ditolak. Dari hasil tersebut bisa disimpulkan bahwa layanan aplikasi BSI mobile belum membuat puas pengguna di Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Analisis Sistem Informasi
Divisions: Skripsi > Sistem Informasi > 2024
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 20 Jun 2025 07:16
Last Modified: 20 Jun 2025 07:16
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/4399

Actions (login required)

View Item View Item