ANALISIS KUALITAS LAYANAN WEBSITE GRAMEDIA.COM DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0

Al Zayyan, Rafid (2024) ANALISIS KUALITAS LAYANAN WEBSITE GRAMEDIA.COM DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0. Skripsi thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang sedemikian pesat memberikan dampak pada perubahan layanan organisasi maupun suatu instansi tertentu salah satunya di bidang Layanan Penjualan. Namun terdapat perasaan kepuasan ataupun ketidakpuasan dalam menggunakan layanan penjualan salah satunya adalah Website Gramedia.com. Pada penelitian ini dilakukan analisis kualitas layanan yang dapat menyimpulkan penilaian masyarakat khususnya pengguna pengunjung website Gramedia.com terhadap pelayanan yang diberikan oleh gramedia.com. Masalah yang terjadi pada website Gramedia.com ini dikutip dari laman website mediakonsumen.com bahwa kurangnya respon dari customer service jika ada kendala atau pertanyaan dari customer atau penggunjung website serta update stok buku yang belum maksimal dikarenakan stok buku di website statusnya tersedia sedangkan untuk di toko buku tersebut belum tersedia. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah kualitas layanan pada gramedia.com dapat diterima atau tidak oleh pengguna. Pengukuran keberhasilan pada layanan ini ditentukan oleh tingkat kepuasan pengguna apakah pengguna tersebut memperoleh pelayanan yang sesuai dengan yang dibutuhkan dan diharapkannya. Dalam hal ini untuk mengukur kepuasan pengguna digunakan metode Webqual 4.0. Data penelitian ini diolah dengan menggunakan Software SmartPls. Metode analisis data statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linear Berganda. Standar signifikan yang digunakan pada penelitian ini sebesar 5% (0.05). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa dari ketiga variabel independen ini yaitu Usability Quality, Information Quality, Interaction Quality berpengaruh secara signifikan terhadap User Satisfaction. Maka dapat disimpulkan bahwasannya pengguna sangat puas terhadap layanan yang diberikan oleh Website Gramedia.com

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Analisis Sistem Informasi
Divisions: Skripsi > Sistem Informasi > 2024
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 19 Jun 2025 06:32
Last Modified: 19 Jun 2025 06:32
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/4397

Actions (login required)

View Item View Item