Mubaroq Saragih, Fajri (2024) ANALISIS KUALITAS APLIKASI MOBILE JKN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). Skripsi thesis, UNAMA.
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (551kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
Abstract
Dalam upaya mengikuti perubahan tersebut BPJS Kesehatan telah meluncurkan sebuah aplikasi kesehatan yaitu Mobile JKN yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan – pelayanan kepada peserta BPJS Kesehatan. Aplikasi Mobile JKN diluncurkan pada tanggal 15 November 2012. Aplikasi Mobile JKN adalah aplikasi yang menggantikan sistem pelayanan administrasi BPJS Kesehatan yang sebelumnya dilakukan secara manual di kantor cabang atau fasilitas kesehatan. Penelitian ini membahas kualitas Aplikasi Mobile JKN oleh BPJS Kesehatan, sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kota Jambi. Aplikasi ini, yang diperkenalkan pada November 2012, menggantikan sistem administrasi manual sebelumnya dan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memberikan layanan yang lebih inklusif dan efisien. Namun, data menunjukkan bahwa pemanfaatan aplikasi masih rendah, memunculkan pertanyaan mengenai kendala atau ketidaksetujuan pengguna. Untuk menggali lebih dalam, penelitian ini menerapkan metode SERVQUAL dan Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna. Hasilnya diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang kesenjangan antara harapan dan realitas pengguna terhadap kualitas layanan Aplikasi Mobile JKN, serta atribut-atribut yang dianggap penting oleh pengguna. Hasil penelitian ini menentukan bahwa terdapat beberapa kelebihan yang perlu untuk terus dipertahankan dan beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki. Hasil penelitian ini Diharapkan dapat menjadi salah satu referensi bagi pihak BPJS pengelola aplikasi mobile JKN untuk terus memenuhi kepuasan pengguna.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Analisis Sistem Informasi |
Divisions: | Skripsi > Sistem Informasi > 2024 |
Depositing User: | Digital Library |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 03:32 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 06:33 |
URI: | http://repository.unama.ac.id/id/eprint/4395 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |